6 Sifat yang Harus Dijauhi Muslimah Menurut Penjelasan Imam Al Ghazali – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

6 Sifat yang Harus Dijauhi Muslimah Menurut Penjelasan Imam Al Ghazali

Published

on




loading…

Imam Al-Ghazali mengingatkan kaum perempuan agar menjauhi 6 sifat tercela ini, serta menganjurkan para lelaki agar tidak mempersuntingnya sebagai istri. Dalam kitab “Ihya ‘Ulumuddin’, Imam Al-Ghazali menyebutkan :قَالَ بَعْضُ العَرَبِ (لاَ تَنْكِحُوا مِنَ النِّسَاءِ سِتَّةٌ لاَ أَنَّانَةَ وَلاَ مَنَّانَةَ وَلاَ حَنَّانَةَ وَلاَ تَنْكِحُوْا حَدَّاقَةَ وَلاَ بَرَّاقَةَ وَلاَ شَدَّاقَةَ

“Sebagian orang Arab berkata, janganlah menikahi enam wanita: annaanah, mannaanah, hannanah, haddaqah, barroqoh, dan syaddaqah.”

Baca juga: 7 Perkara yang Membuat Kaum Wanita Mendominasi Penghuni Neraka

Lantas, mengapa 6 sifat ini harus dijauhi muslimah? Apa alasannya? Berikut penjelasan Imam Al-Ghazali :

1. Sifat Al-Annaanah

Perempuan yang memiliki sifat ini, acap kali mengeluh dan mengadu. Dia seperti membalut kepalanya dengan perban setiap waktu. Jika perempuan ini dinikahi sama saja menikahi orang sakit atau orang yang pura-pura sakit, tidak ada kebaikan bagi suami. Sedangkan mengadu sering merusak hubungan baik dengan sesama, kerabat maupun sahabat. Menikahi perempuan tipe ini membuat suami sulit mencapai ketenangan dalam keluarga.

2. Sifat Al-Mannaanah

Perempuan dengan sifat ini, suka mengungkit-ungkit kebaikan dan jasanya yang telah berlalu seperti sudah melakukan ini dan itu, baik ketika terjadi problematika rumah tangga ataupun tidak. Menikahi wanita tipe ini membuat seorang laki-laki terhambat menjalankan perannya sebagai pemimpin keluarga. Terlebih jika secara ekonomi istri berkarir dan memiliki penghasilan lebih besar daripada suami.

3. Sifat Al-Hannanah

Ia adalah perempuan yang suka menceritakan dan membanggakan orang pada masa lalu. Misalnya membangga-banggakan mantan suaminya jika dia janda. Membangga-banggakan ayahnya dan membandingkan dengan suaminya, jika dia perawan. Bahkan mungkin membangga-banggakan saudaranya atau temannya di hadapan suami tanpa menjaga perasaan suami.



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Sifat #yang #Harus #Dijauhi #Muslimah #Menurut #Penjelasan #Imam #Ghazali

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved