Penyakit yang Merusak Amal, Datang Diam-diam Tanpa Kita Sadari – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Penyakit yang Merusak Amal, Datang Diam-diam Tanpa Kita Sadari

Published

on

[ad_1]

loading…

Ada satu penyakit hati yang merusak amal sehingga tidak lagi bernilai di sisi Allah. Ia datang diam-diam tanpa kita sadari. Penyakit ini bernama Ujub.

Ujub artinya mengagumi diri sendiri dan merasa hebat dari orang lain. Ujub menempatkan dirinya melebihi haknya. Ujub beda dengan riya. Kadangkala riya dapat dihindari, tapi ujub tetap menempel di hati.

Misalnya, kita sholat Tahajjud diam-diam, puasa sunnah diam-diam, baca Al-Qur’an diam-diam. Tidak ada yang tahu dan tidak kita ceritakan pada orang lain dengan harapan agar terhindar dari Riya.

Maka saat kita tidak menceritakan amalan kita, kita berhasil menghindari riya. Niatnya semata-mata tidak ingin dipuji orang lain. Jangan cepat puas dulu, karena setan terus berusaha menggelincirkan seseorang saat beramal saleh.

Tiba-tiba dalam hati berkata-kata, karena muncul rasa bangga terhadap diri sendiri. “Aku ini hebat, bisa bangun setiap malam tak pernah ketinggalan sholat tahajjud, sementara orang lain tertidur pulas.”

Saat hati berkata demikian, itulah yang dinamakan ujub. Walaupun berhasil untuk tidak riya, tetapi masih belum bisa lepas dari penyakit ujub.

Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, bahwaNabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…bersabda:

ุซูŽู„ูŽุงุซูŒ ู…ูู‡ู’ู„ููƒูŽุงุชูŒ ุดูุญู‘ูŒ ู…ูุทูŽุงุนูŒ ูˆูŽู‡ูŽูˆู‹ู‰ ู…ูุชู‘ูŽุจูŽุนูŒ ูˆูŽุฅูุนู’ุฌูŽุงุจู ุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุกู ุจูู†ูŽูู’ุณูู‡ู

“Ada tiga perkara yang membinasakan manusia:(1) Sifat kikir yang dituruti, (2) Hawa nafsu yang ditaati, dan (3) Ujubnya seseorang terhadap dirinya sendiri.” (HR Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman No. 731, Al Qudhaโ€™i dalam Musnad Asy Syihab No 325)

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved