Muslimah Pemimpin Dinasti yang Berakhir Tragis – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Muslimah Pemimpin Dinasti yang Berakhir Tragis

Published

on

[ad_1]


loading…

Cukup banyak sosok perempuan hebat di dunia Islam yang mampu naik hingga ke puncak kekuasaan. Hanya saja, para sultan perempuan ini harus melalui serangkaian turbulensi politik yang berat dan rongrongan yang sengit dari berbagai pihak. Dua di antara perempuan perkasa itu adalah Raziyya Al-Din dan Shajarat al-Durr.Dalam sejarah Islam , Raziyya adalah perempuan pertama yang berkuasa. Perempuan kedua adalah Sajarah al-Dur (1249 M), pendiri Dinasti Mamluk 1249-1517 M di Mesir.

Raziyya adalah Sultan Delhi (India) keempat pada Dinasti Ghuriyah yang berkuasa antara 1236 hingga 1240.

Raziyya lahir di Budaun tahun 1205. Terlahir sebagai putri dari Shamsuddin Iltutmish dan Qutub Begum, keluarga Raziyya sebenarnya bukanlah bangsawan. Bahkan, leluhur mereka berasal dari budak Seljuk Turki. Sang ayah datang ke Delhi sebagai budak di bawah kekuasaan Sultan Qutb al-Din Aibak, yang mendirikan fondasi dinasti Mamluk atau dinasti Budak.

Baca juga: Kisah Sultan Iltutmish Menghalau Tentara Mongol dari India

Sebelum wafat, Sultan Shamsuddin Iltutmish menunjuk Raziyya sebagai pengantinya. Para pembesar istana pun keberatan. Mereka menganggap dengan menundukkan kepala di hadapan seorang perempuan merupakan penghinaan. Mereka mengabaikan wasiat sultan dan mengangkat saudaranya Rukunuddin Firuz sebagai sultan.

Pilihan ini ternyata sangat ceroboh. Rukunuddin Fairuz tidak cakap. Ia terlalu memperturutkan hatinya dalam perbuatan yang hina. Ia mengabaikan urusan negara dan menghambur-hamburkan kekayaannya.

Pengelolaan urusan negara diserahkan kepada ibunya, Syah Turkan yang juga tidak bermoral. Tak ayal, seluruh kerajaan menjadi kacau, sehingga pemerintahan pusat kehilangan kekuasaannya di provinsi-provinsi.

Para gubernur memberontak kemudian Rukunuddin dan ibundanya ditangkat dan dimasukan ke penjara hingga wafatnya.

Raziyya akhirnya diangkat kembali sebagai penguasa di Delhi.

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Muslimah #Pemimpin #Dinasti #yang #Berakhir #Tragis

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved