Heboh Pawang Hujan, Begini Hukumnya Menurut Islam – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Heboh Pawang Hujan, Begini Hukumnya Menurut Islam

Published

on




loading…

Aksi pawang Hujan saat gelaran MotoGP Mandalika 2022 menjadi topik hangat yang ramai diperbincangkan. Bagaimana sebenarnya pandangan Islam terhadap ritual aksi pawang hujan ini?Pawang hujan adalah sebutan untuk seseorang yang dipercaya memiliki ilmu gaib dan dapat mengendalikan hujan atau cuaca. Di Indonesia, istilah pawang hujan ini sudah dikenal sejak dulu.

Dalam perspektif Islam, pawang hujan termasuk kategori perdukunan, menggunakan jasanya termasuk larangan keras. Dai yang juga lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia Ustaz Farid Nu’man Hasan menjelaskan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ أَتَى عَرَّافًا فَسَأَلَهُ عَنْ شَيْءٍ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلَاةٌ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً

Barang siapa yang mendatangi peramal, lalu dia menanyainya tentang sesuatu, maka shalatnya tidak diterima selama empat puluh malam.” (HR. Muslim No 2230)

Dalam Hadits lain diterangkan:

مَنْ أَتَى حَائِضًا أَوْ امْرَأَةً فِي دُبُرِهَا أَوْ كَاهِنًا فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُولُ فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ

“Barangsiapa menyetubuhi wanita haid, atau menyetubuhi wanita dari duburnya, atau mendatangi dukun lalu membenarkan apa yang diucapkannya maka ia telah kafir dengan wahyu yang diturunkan kepada Muhammad.” (HR. Ibnu Majah No. 639, shahih)

Kafir di sini menurut Imam At-Tirmidzi bermakna memberatkan (taghlizh) dosa tersebut, bukan menunjukkan kafir murtad. (Sunan At Tirmidzi no. 135)

Namun Jika keyakinan seseorang bahwa pawang hujan itulah sebagai pengaturnya, bukan Allah Ta’ala yang mengatur, maka makna kafir di sini adalah hakiki (Murtad). Dalam Kitab Mathali’ Al Anwar, Imam Abu Ishaq bin Qurqul, berkata:



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Heboh #Pawang #Hujan #Begini #Hukumnya #Menurut #Islam

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved