Mengenal Hewan-hewan yang Allah Masukkan ke Dalam Surga – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Mengenal Hewan-hewan yang Allah Masukkan ke Dalam Surga

Published

on



loading…

Al-Qur’an banyak menyebut nama-nama hewan , baik pada nama surat maupun sebagai sebuah kisah . Hal ini tentu bukan sekadar dongeng belaka, namun banyak hikmah di dalamnya. Setiap hewan yang disebut dalam Al-Qur’an mempunyai peran penting , karena perannya itu pula, Allah memasukkannya ke dalam surga. Hewan apa saja?

Baca juga: 5 Nama Hewan yang Diabadikan Menjadi Nama Surat Dalam Al Quran

Muslimah, kehidupan hewan memang identik dengan kehidupan dunia fana . Kita tahu bahwa syariat bukan diturunkan untuk hewan yang tak berakal, melainkan pada manusia, agar selamat dunia akhirat. Namun, prilaku dan cara kita berinteraksi dengan makhluk-makhluk Allah bernaman hewan itu bisa jadi penentu kehidupan setelah mati.

Dalam sebuah hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pernah bercerita tentang seorang pelacur yang mendapat ampunan lantaran menolong seekor anjing yang kehausan.

Baca juga: Keajaiban Membaca Doa Iftitah yang Belum Banyak Diketahui

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Seorang wanita pezina telah mendapatkan ampunan. Dia melewati seekor anjing yang menjulurkan lidahnya di pinggir sumur. Anjing ini hampir saja mati kehausan, (melihat ini) si wanita pelacur itu melepas sepatunya lalu mengikatnya dengan penutup kepalanya lalu dia mengambilkan air untuk anjing tersebut. Dengan sebab perbuatannya itu dia mendapatkan ampunan dari Allah Swt.” [HR. Bukhari dan Muslim].

Baca juga: Iklim Semakin Ekstrim, Ini 3 Cara Menjaga Kesehatan Dalam Syariat

Di hadis lain, Rasulullah juga mengabarkan tentang seorang wanita mendapat siksa neraka karena perbuatannya di dunia yang telah menyiksa seekor anak kucing. Terdapat pula hadis lain yang intinya berkaitan tentang perintah untuk berbuat baik kepada binatang dan alam sekitar. Semua perbuatan itu kelak akan mendapat balasan yang setimpal di akhirat.



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved