Manusia Dikumpulkan dalam Keadaan Telanjang Bulat – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Manusia Dikumpulkan dalam Keadaan Telanjang Bulat

Published

on

[ad_1]

loading…

Ketika hari Kiamat terjadi manusia akan dikeluarkan dari kuburnya dalam keadaan telanjang bulat. Masing-masing akan sibuk mencari pertolongan karena beratnya hari tersebut.

Ulama besar ahli fiqih abad ke-4 Hijriyah kelahiran Uzbekistan, Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) menerangkan keadaan Hari Kiamat yang mengerikan dalam Kitabnya Tanbihul Ghafilin.

Baca Juga: Salju Turun di Arab Saudi Pertanda Kiamat Sudah Dekat?

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan: “Maka keluarlah mereka dari kubur mereka dalam keadaan telanjang bulat, menuju kepada Rabb mereka, kemudian berhenti di suatu tempat selama 70 tahun. Allah membiarkan mereka, tidak melihat atau memutuskan keadaan mereka. Mereka menangis sampai habis air mata, dan mengeluarkan darah dan peluh sehingga membanjiri mulut mereka.”

“Kemudian mereka dipanggil ke Padang Mahsyar dan mereka bergegas menuju panggilan itu. Ketika semua makhluk, jin, manusia dan lain-lainnya berkumpul, tiba-tiba terdengar suara yang keras dari langit, maka terbukalah langit dunia dan turunlah para Malaikat sepenuh penduduk bumi. Mereka langsung berbaris lalu bertanya: “Apakah ada di antara kamu yang membawa perintah Tuhan untuk hisab?” Dijawab: “Tidak ada.” Kemudian turun ahli langit kedua dan berbaris pula, kemudian turun penduduk langit ketiga, dan seterusnya sampai langit ketujuh, masing-masing berlipat dari yang sebelumnya dan semua Malaikat itu melindungi penduduk bumi.”

Imam Abu Laits meriwayatkan dengan sanadnya dari Abu Hurairah berkata: “Sesungguhnya Allah menyuruh langit dunia, maka terbelah dan mengeluarkan semua Malaikat yang ada di dalamnya, maka turun semuanya dan mengepung bumi dengan apa yang ada di bumi. Kemudian langit kedua dengan isinya, kemudian yang ketiga dengan isinya, kemudian keempat dengan isinya. Kemudian kelima dengan isinya, lalu keenam dengan isinya hingga tujuh barisan Malaikat, setengahnya dikepung oleh setangahnya. Sehingga mereka mendapati tujuh berisan Malaikat.

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم bersabda: Allah telah berfirman: “Hai para jin dan manusia, aku nasihatkan kepadamu, sesungguhnya yang tercatat dalam lembaran hanya amalmu sendiri, kerana itu siapa yang mendapatkan di dalamnya kebaikan, hendaklah mengucapkan : “Alhamdulillah dan siapa yang mendapat lain dari itu, maka jangan menyalahkan yang lain kecuali dirinya sendiri. Kemudian Allah menyuruh jahannam, maka keluar daripadanya binatang yang panjang mengkilat gelap lalu berkata-kata.”

Maka Allah berfirman yang artinya: “Aku telah berpesan kepadamu: Jangan menyembah setan, sesungguhnya ia musuhmu yang nyata-nyata. Dan sembahlah Aku. Inilah jalan yang lurus. Dan ia telah menyesatkan ummat-ummat yang banyak dari kamu. Apakah kamu tidak berakal (berfikir) dan menyedarinya. Inilah neraka jahannam yang telah diancamkan (Peringatan) kepadamu. Masuklah kamu kini, oleh sebab kekafiranmu.”

Maka saat itu tiap-tiap ummat bertekuk lutut sebagaimana firman Allah: “Di sini kamu melihat tiap-tiap ummat (orang) bertekuk lutut, tiap ummat dipanggil untuk menerima suratan amalnya.” Lalu Allah memutuskan pada semua makhluk-Nya. Dan antara binatang-binatang buas atau ternak, sehingga kambing-kambing yang tidak bertanduk diberi hak membalas kambing yang bertanduk, kemudian diperintahkan menjadi tanah semua binatang-binatang itu. Dan disaat itu orang kafir berkata: “Aduh sekiranya aku menjadi tanah.” Kemudian Allah memutuskan antara semua hambaNya.

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved