Manfaat Harta untuk Memborong Pahala – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Manfaat Harta untuk Memborong Pahala

Published

on

[ad_1]


loading…

Banyak manfaat dari harta yang kita miliki, baik dari aspek dunia atau pun aspek agama. Dari aspek dunia misalnya, harta yang kita miliki bisa untuk membeli makanan yang kita inginkan, memiliki kendaraan untuk kebutuhan, rumah dan nikmat dunia lainnya. Sedangkan manfaat harta dari aspek agama, ada sebuah riwayat tentang harta ini, hadis yang disampaikan Imam Muslim,”

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุฐูŽุฑู‘ู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู†ูŽุงุณู‹ุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ููˆุง ู„ูู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ุฏู‘ูุซููˆุฑู ุจูุงู„ู’ุฃูุฌููˆุฑู ูŠูุตูŽู„ู‘ููˆู†ูŽ ูƒูŽู…ูŽุง ู†ูุตูŽู„ู‘ููŠ ูˆูŽูŠูŽุตููˆู…ููˆู†ูŽ ูƒูŽู…ูŽุง ู†ูŽุตููˆู…ู ูˆูŽูŠูŽุชูŽุตูŽุฏู‘ูŽู‚ููˆู†ูŽ ุจูููุถููˆู„ู ุฃูŽู…ู’ูˆูŽุงู„ูู‡ูู…ู’

“Ada sejumlah shahabat Nabi yang miskin datang menemui Nabi dan mengatakan, โ€œYa Rasulullah, orang-orang yang kaya raya itu memborong pahala. Mereka mengerjakan salat sebagaimana kami orang miskin mengerjakan salat. Mereka juga berpuasa sebagaimana kami berpuasa. Namun mereka bisa bersedekah dengan kelebihan hartanyaโ€.(HR Muslim)

Baca juga: Fitnah Dunia yang Paling Banyak Menjerumuskan Manusia

Menurut Ustadz Aris Munandar, SS, MPI, statemen sejumlah sahabat yang miskin di atas menunjukkan keistimewaan harta yang berlimpah jika dimanfaatkan untuk bersedekah dalam berbagai proyek kebaikan. Inilah di antara manfaat harta.

Alumni Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta ini menjelaskan, ada tiga hal manfaat harta dari aspek agama yakni pertama, untuk memenuhi kebutuhan diri baik kebutuhan untuk ibadah, kedua harta yang diberikan kepada orang lain, dan ketiga harta yang dibelanjakan untuk hal-hal yang menghasilkan pahala jariyah.

1. Harta untuk memenuhi kebutuhan diri baik kebutuhan untuk ibadah

Sebagai contoh untuk biaya ibadah haji atau untuk memenuhi kebutuhan pendukung ibadah berupa kebutuhan pangan, sandang, papan dan kebutuhan vital lainnya. Tanpa kebutuhan vital yang terpenuhi hati dan pikiran seorang itu tidak akan fokus menekuni kewajiban agama dan beribadah.

Sarananya agar ibadah berjalan baik itu bagian dari ibadah. Oleh karena itu mengambil dunia secukupnya untuk mendukung agama dan ibadah itu bagian dari manfaat agama dari harta.

2. Harta yang diberikan kepada orang lain

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Manfaat #Harta #untuk #Memborong #Pahala

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved