Mandi Besarnya Perempuan dan Kunciran Rambut – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Mandi Besarnya Perempuan dan Kunciran Rambut

Published

on



loading…

Mandi besarnya ( mandi junub) perempuan apakah sama dengan mandi besarnya laki-laki? Maka jawabannya bahwa mandi besarnya perempuan sama persis dengan mandi besarnya laki-laki. Hanya saja ada perbedaan dari sisi tidak wajibnya seorang perempuan membuka kunciran rambutnya saat mandi besar.

Baca juga: Muhasabah Diri Setiap Hari

Ustadz Dr. Musyaffa Ad-Dariny, M.A. Hafidzahullah menyampaikan hal itu dalam tausiyahnya di jaringan kanal Islam Rodjatv, Senin kemarin. Berikut paparannya;

Kenapa ada perbedaan soal kunciran rambut? Hal ini yang berkaitan dengan mandi besar selain mandi besar dari haid dan nifas . Misalnya mandi besar karena mimpi basah, mandi besar karena berhubungan badan dengan suami, mandi besar karena ihram, mandi besar karena ingin shalat Jumat.

Baca juga: Ini Zikir dan Doa yang Bisa Diamalkan Selama Bulan Suci Ramadhan

Mandi besar selain untuk haid dan nifas bagi seorang perempuan tidak diwajibkan untuk membuka kunciran rambutnya. Konsekuensinya akan ada rambut yang tidak terkena air, terutama yang berada di bagian dalam. Kenapa ini dikecualikan? Karena kalau ini diwajibkan, maka akan sangat memberatkan kaum wanita. Dan inilah yang sesuai dengan hadis Maimunah Radhiyallahu Ta’ala ‘Anha, beliau pernah mengatakan:

يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي امْرَأَةٌ أَشُدُّ ضَفْرَ رَأْسِي فَأَنْقُضُهُ لِغُسْلِ الْجَنَابَةِ

“Wahai Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, aku adalah seorang perempuan yang mengikat kunciran-kunciran rambutku, apakah aku harus membukanya untuk mandi jinabah?”

Baca juga: Ngerinya Dampak Dosa dan Maksiat



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved