Kisah Hikmah: Menyembunyikan Kebaikan – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Kisah Hikmah: Menyembunyikan Kebaikan

Published

on

[ad_1]

loading…

Menyembunyikan kebaikan dan kehebatan yang dimiliki akan bernilai baik manakala disertai dengan niat ikhlas lillahi ta’ala. Namun, menampakkan kebaikan sebagai sarana untuk mengajak orang lain agar juga mau berbuat baik, juga dianjurkan.

Baca juga: Yuk, Tahan Lisan untuk Mengomentari Makanan

Hikmah menyembunyikan kebaikan dan kehebatan diri ini, tercermin dari sebuah kisah yang terdapat dalam kitab ‘Karamat al-Awliya’ karya Hibatullah bin al-Hasan al-Thabari Al-Lalakai, berikut ini:

Pada suatu masa, Kota Makkah sedang dilanda kemarau. Orang-orang pun berkumpul di Masjidil Haram untuk melaksanakan sholat istisqa’ (sholat untuk meminta hujan). Sayangnya, hujan tak kunjung turun.

Baca juga: Meneladani Adab dan Gaya Hidup Rasulullah Soal Makanan

Abdullah bin Mubarak adalah salah satu peserta sholat istisqa’ itu. Di sampingnya, ada seseorang berkulit hitam dan begitu kurus (sebut saja Fulan). Fulan berdoa, “Ya Allah, orang-orang berdoa kepadaMu namun tidak Engkau kabulkan. Sekarang, aku memohon kepadaMu agar Engkau berkenan menurunkan hujan kepada kami!”

Tak lama setelah itu, hujan pun turun dengan sangat lebat. Fulan kemudian pergi. Abdullah mengikutinya dari belakang. Hingga akhirnya, Abdullah mengetahui tempat singgah si Fulan tersebut, yakni di suatu tempat perdagangan budak. Setelah itu, Abdullah pulang ke rumahnya.

Baca juga: Malaikat Mu’aqibat, Inilah Malaikat Para Penjaga Manusia

Esok harinnya, Abdullah mendatangi tempat penjualan budak itu, berniat untuk membeli si Fulan. Kepada pemilik toko, Abdullah berkata, “Aku akan membeli seorang budak”. Pemilik toko mengeluarkan empat puluh budak miliknya, agar Abdullah bisa memilih mana yang ia suka. Sayangnya, Fulan sama sekali tak terlihat ada di antara budak-budak itu. Abudllah bertanya, “Masih ada lagi?”.

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved