Ketika Rasulullah di Sidratul Muntaha Bersama Jibril – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Ketika Rasulullah di Sidratul Muntaha Bersama Jibril

Published

on

[ad_1]


loading…

Surat An-Najm ayat 13-18 menceritakan kisah tentang bagaimana Rasulullah SAW naik ke langit hingga ke sidratul muntaha dan melihat wujud malaikat Jibril dalam keadaan aslinya. Umumnya para ulama tafsir menyebutkan bahwa ayat inilah yang menyebutkan dengan tegas peristiwa miraj Nabi Muhammad SAW . Allah SWT berfirman:

وَلَقَدْ رَآهُ نزلَةً أُخْرَى (13) عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى (14) عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوَى (15) إِذْ يَغْشَى السِّدْرَةَ مَا يَغْشَى (16) مَا زَاغَ الْبَصَرُ وَمَا طَغَى (17) لَقَدْ رَأَى مِنْ آيَاتِ رَبِّهِ الْكُبْرَى (18)

Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratil Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal, (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratilmuntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya. Penglihatannya (Muhammad) tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. Sesungguhnya dia telah melihat sebahagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar. ( QS An-Najm : 13-18)

Baca juga: Begini Penjelasan Gus Baha, Mengapa Sayyidah Aisyah Ingkar Mikraj

Ibnu Katsir mengutip Imam Ahmad dari Ibnu Mas’ud r.a. sehubungan dengan makna ayat ini: Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratil Muntaha.

Bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: Aku melihat Jibril (dalam rupa aslinya), ia memiliki enam ratus sayap, dari bulu-bulu sayapnya bertebaran beraneka warna mutiara dan yaqut.

Ibnu Katsir mengatakan sanad hadis ini jayyid (baik) lagi kuat.

Imam Ahmad juga meriwayatkan dari Ibnu Mas’ud ra yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: “Jibril datang kepadaku dengan mengenakan pakaian yang bertaburan penuh dengan mutiara.”

Melihat Tuhan
Di sisi lain, Ibnu Katsir juga memaparkan sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Ismail yang mengatakan bahwa Masruq datang kepada Aisyah ra, lalu bertanya: “Wahai Ummul Mu’minin, apakah Muhammad SAW telah melihat Tuhannya?”

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Ketika #Rasulullah #Sidratul #Muntaha #Bersama #Jibril

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved