Ini Hal-hal yang Dapat Menyelamatkan dari Azab dan Fitnah Kubur – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Ini Hal-hal yang Dapat Menyelamatkan dari Azab dan Fitnah Kubur

Published

on

[ad_1]

loading…

Dr. Umar Sulaiman al Asygar dalam bukunya berjudul Ensiklopedia Kiamat menjelaskan yang dapat menyelamatkan seseorang dari azab kubur adalah persiapan dirinya menghadapi kematian, sehingga jika maut datang secara tiba-tiba, ia tidak menyesal.

Baca juga: Ditahan di Dalam Kubur Gara-gara Masih Punya Utang Ketika Hidup

Di antara persiapan menghadapi maut adalah bersegera tobat , menunaikan hak, dan memperbanyak amal saleh . Iman, salat, puasa, zakat, haji, jihad, berbuat baik kepada orang tua, silaturahmi, zikir dan amal-amal lain dapat melindungi seorang mukmin, dan dengan amal-amal itu Allah memberinya jalan keluar dari tiap kesulitan dan kesusahan.

Rasulullah SAW memberitahukan kepada kita bahwa amal saleh dapat menjaga seseorang dalam kuburnya.

Ibn Taimiyah berkata mengutip hadis masyhur, dari Muhammad ibn “Amru

dari Abu Salamah dari Abu Hurairah dari Nabi SAW, yang diriwayatkan oleh Abu Hatim dalam Shahil-nya dan oleh para imam hadis lain, bahwa beliau SAW bersabda:

Sungguh orang mati dapat mendengar suara langkah kaki orang-orang yang pergi meninggalkannya. Jika ia seorang mukmin, maka salat berada di dekat kepalanya, puasa berada di sebelah kanannya, zakat di sebelah kirinya, perbuatan baik seperti berkata benar, silaturahmi, dan perbuatan baik kepada manusia berada di dekat kaki. Ia lalu didatangi (oleh malaikat) dari arah kepalanya, maka salat berkata, “Di arahku tak ada jalan masuk.”

Baca juga: Begini Ngerinya Azab Kubur Bagi Orang yang Dusta, Zina, dan Riba

Komudian ia didatangi dari sebelah kanan, maka puasa berkata, “Di arahku tak ada jalan masuk.” Kemudian ia didatangi dari sebelah kiri, maka zakat berkata, “Di arahku tak ada jalan inasuk.”

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved