Forum Apresiasi Sastra Dan Budaya Kudus (FASBuK) Edisi April 2018 | Agenda Budaya – Bagyanews.com
Connect with us

Indonesia Kaya

Forum Apresiasi Sastra Dan Budaya Kudus (FASBuK) Edisi April 2018 | Agenda Budaya

Published

on

[ad_1]

Tanggal :
20 April 2018

Lokasi : Auditorium Universitas Muria Kudus, Kampus Gondangmanis PO.BOX 53 Kudus

Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK) yang didukung Bakti Budaya Djarum Foundation bekerjasama dengan Kajian Kreatifitas Seni Obeng Fakultas Tekhnik Universitas Muria Kudus akan menggelar lawatan rutin sastra dan budaya. Kali ini menampilkan pertunjukan Tari dan Diskusi dengan tema “GusJiGang” oleh Airta Dance di Auditorium Universitas Muria Kudus, Kampus Gondangmanis PO. BOX 53 Bae Kudus, pada hari Jum’at, 20 April 2018, pukul 19.30 WIB.

Pada edisi bulan April 2018, pertunjukan yang akan ditampilkan dalam panggung Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus adalah pertunjukan dari salah satu kelompok Tari dan Dance yang ada di Kudus. Airta Dance berdiri sejak pertengahan tahun 2013 yang merupakan bagian dari Sanggar Seni Puring Sari Kudus. Rangkaian pertunjukan yang akan dilaksanakan merupakan pertunjukan Tari kreasi, tradisi, dan dansa. Perpaduan beberapa jenis gerakan tari nantinya akan berlangsung selama 60 menit, dan sebagai andalan dari Airta Dance, mereka menampilkan Tari GusJiGang. Tarian ini mengisahkan tentang kehidupan masyarakat Kudus yang semakin sejahtera karena selalu mempunyai ide serta gagasan untuk menciptakan suatu karya kreatif dan inovatif.

Tarian GusJiGang ini juga membawakan sebuah misi keagamaan. Falsafah “GUSJIGANG” yang merupakan sebuah warisan dari Sunan Kudus mempunyai arti bagus/cantik perilakunya, semangat mengaji atau giat belajar, dan pintar berdagang. Tarian ini menggunakan iringan gamelan Jawa jenis pelog lancaran dengan ritme yang rancak, indah, dinamis serta menarik. Tarian ini juga sebagai bentuk pesan untuk masyarakat Kudus agar tetap ingat serta menjaga warisan Falsafah GUSJIGANG. Selain pertunjukan, akan diadakan dialog interaktif bersama para penampil dan narasumber Endang TS, pencipta Tari Kretek dari kota Kudus.

Sekilas tentang Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK)

FASBuK adalah ruang kerja fisik dan pemikiran untuk mencipta inovasi serta varian-varian sebuah paket kemasan kegiatan dalam bidang kesusasteraan dan kesenian lokal yang nantinya mampu menjadi asset atas keberagaman kebudayaan nasional dan dekat masyarakatnya sehingga tercapai ruang bersama untuk saling berbagi, bertukar pikiran, demi sebuah cita-cita luhur tumbuhnya nilai-nilai kesadaran manusia yang berbudaya.

Secara rutin tiap bulannya FASBuK menggelar acara Sastra dan Seni Budaya yang meliputi Apresiasi sastra, Sarasehan Budaya, Pertunjukan Musik, Tari dan Pementasan Drama/Teater, dan sebagainya. Acara tersebut di gelar di berbagai tempat kantong-kantong Budaya di Kudus.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silahkan menghubungi:

Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FasBuk)

Ketua Badan Pekerja FASBuK : Arfin AM

No. Hp: +62 857 4199 8480

Email: fasbuk93@gmail.com

[ad_2]

Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved