Detik-Detik Menjelang Runtuhnya Daulah Umayyah dan Berdirinya Daulah Abbasiyah – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Detik-Detik Menjelang Runtuhnya Daulah Umayyah dan Berdirinya Daulah Abbasiyah

Published

on

[ad_1]


loading…

Abu al-‘Abbas Abdullah bin Muhammad as-Saffah (721-754) merupakan khalifah pertama Bani Abbasiyah . Nama lengkapnya adalah Abdullah bin Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Abbas bin Abdul-Muththalib bin Hasyim. Abu Abbas menumbangkan Dinasti Umayyah saat dipimpin oleh Marwan II. Gerakan Bani Abbasiyah yang paling kuat pada awalnya adalah di wilayah Persia. Kisah berikut meceritakan bagaimana Abul Abbas menyusun kekuatan dan melakukan perebutan kekuasaan menjelang tumbangnya Daulah Umayyah digantikan Daulah Abbasiyah.

Baca juga: Kisah Tumbangnya Dinasti Umayyah, 300 Anggota Keluarganya Dieksekusi Mati

Syaikh Muhammad Al-Khudari dalam bukunya yang berjudul “Ad-Daulah Al-Abbasiyyah” menceritakan pada hari itu, Jumat tanggal 13 Rabiul Awal, Abul Abbas menunaikan sholat Jumat bersama penduduk Kufah. Dalam khutbahnya setelah memuji dan bersyukur kepada Allah SWT, ia menyatakan merasa bangga karena kekerabatannya dengan Rasulullah SAW.

Lalu menyebut khulafaurrasyidin dan memuji mereka, seraya menyatakan perang terhadap Bani Harb dan Bani Marwan atas sikap dan kezaliman mereka.

Lalu ia berkata, “Sungguh aku berharap agar kalian tidak mendapatkan pemimpin jahat ketika datang kepada kalian yang baik, dan tidak memilih pemimpin yang rusak ketika datang yang terpuji. Tiada yang dapat memberikan pertolongan kepada kami Ahlul Bait, kecuali Allah.”

“Wahai penduduk Kufah, kalian adalah tumpuhan cinta kami dan tempat kami mendapatkan kasih sayang. Kalian adalah orang-orang yang tidak berubah mencintai kami, dan tidak menjauhkan kalian dari kami, dan mampu bertahan hidup dari pemimpin yang jahat hingga kalian mendapati masa pemerintahan kami dan Allah SWT menganugerahkan kepada kalian dengan berdirinya pemerintahan kami.”

“Kalian adalah orang yang paling membahagiakan kami dan paling mulia di hadapan kami. Aku telah menambah kompensasi bagi kalian hingga seratus dirham. Karena itu, bersiaplah. Aku adalah As-Saffah Al-Mubih dan Ats-Tsa ‘ir Al-Mutih!

Berdasarkan pernyataan inilah di kemudian hari ia lebih dikenal dengan sebutan Abul Abbas As-Saffah.

Baca juga: Catatan Emas Jihad di Zona Laut Daulah Umayyah

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#DetikDetik #Menjelang #Runtuhnya #Daulah #Umayyah #dan #Berdirinya #Daulah #Abbasiyah

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved