Dabbah Binatang yang Keluar Jelang Kiamat, Ini Pendapat Gus Baha – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Dabbah Binatang yang Keluar Jelang Kiamat, Ini Pendapat Gus Baha

Published

on



loading…

ADA beberapa perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai Dabbah . Secara bahasa, Dabbah memiliki makna hewan yang berjalan di atas bumi. Beberapa ulama mengatakan bahwa Dabbah adalah anak unta yang disapih dari unta Nabi Shaleh as .

Baca juga: Unta Nabi Shaleh: Badannya Terbuat dari Emas dan Kakinya dari Perak

Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud ath-Thayalisi dari Hudzaifah bin Asid al-Ghifari, bahwa Rasulullah saw menyebut tentang dabbah, (lalu beliau menuturkan hadis, di dalamnya ada ungkapan), “Mereka tidak menggembalakannya, melainkan ia hanya bersuara di antara rukun dan maqam (rukun Yamani dan Maqam Ibrahim).”

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau lebih dikenal dengan Gus Baha ‘ adalah salah satu ulama yang memiliki pendapat demikian. “Dabbah adalah unta Nabi Shaleh yang dulu dibunuh oleh kaum Tsamut,” ujarnya seperti dilansir kanal Kalam dalam jaringan YouTube, belum lama ini.

Tentang Dabbah ini di dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman:

۞ وَإِذَا وَقَعَ ٱلْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَآبَّةً مِّنَ ٱلْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ ٱلنَّاسَ كَانُوا۟ بِـَٔايَٰتِنَا لَا يُوقِنُونَ

Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami. (QS Surat An-Naml: 82)

Sedangkan dalam hadis Riwayat Muslim, Rasulullah SAW menyebut tiga perkara yang jika ketiganya keluar maka semua taubat dan amal tiada gunanya. Ketiganya adalah terbitnya matahari dari arah barat, Dajjal , dan Dabbah.

“Ada tiga perkara yang jika keluar maka tidak akan berguna lagi keimanan orang yang belum beriman sebelumnya; atau belum mengusahakan kebaikan yang dilakukan dalam keimannya. Ketiga perkara itu adalah: terbitnya matahari dari barat, Dajjal dan binatang bumi.” (HR Muslim)



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved