Bekal Menyambut Puasa, Berikut 8 Keutamaan Bulan Ramadhan – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Bekal Menyambut Puasa, Berikut 8 Keutamaan Bulan Ramadhan

Published

on

[ad_1]

loading…

Hari ini kita telah masuki 17 Syaban 1442 Hijriyah (31/3/2021) atau 12 hari menuju bulan suci Ramadhan. Bekal apa yang sudah kita siapkan untuk menyambut bulan agung tersebut? Mari simak 8 keutamaan bulan Ramadhan.

Para ulama terdahulu, apabila menjelang kedatangan Ramadhan mereka memperbaiki keadaan lahir dan batin. Kemudian memperbanyak doa dan ibadah agar dapat memasuki bulan Ramadhan dengan hati yang suci. Mereka juga menyiapkan segalanya dan bersemangat memotivasi semua anggota keluarganya.

Baca Juga: Sejarah Disyariatkannya Puasa Ramadhan, Berikut Ceritanya (2)

Berikut 8 keutamaan bulan Ramadhan dikutip dari buku “Bekal Ramadhan & Idul Fithri (1): Menyambut Ramadhan” karya Ustaz Muhammad Saiyid Mahadhir.

1. Pintu Neraka Ditutup dan Setan Diikat
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda: “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah telah mewajibkan kepada kalian berpuasa didalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan akan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang.” (HR. An-Nasai)

2. Diampuni Dosa yang Lalu
Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda: “Siapa yang puasa Ramadhan dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Al-Bukhari Muslim)

3. Bulan Penghapus Dosa-dosa
Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda: “Sholat lima waktu dan Jumat ke Jumat berikutnya, Ramadlan ke Ramadhan berikutnya menghapus dosa (seseorang) di antara waktu tersebut selama ia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim)

4. Amalan Puasa Diganjar Langsung oleh Allah
Nabi Muhammad ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda: “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Taโ€™ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku.” (HR. Muslim)

5. Mendapat Dua Kebahagiaan
Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda: “Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya.” (HR. Muslim)

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved