Amalan yang Dapat Menggugurkan Dosa Seperti Daun Berguguran – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Amalan yang Dapat Menggugurkan Dosa Seperti Daun Berguguran

Published

on



loading…

Dari banyak amalan yang disyariatkan oleh Allah Ta’ala, ada satu amalan yang fadhillahnya luar biasa. Semua kaum muslimin sudah tidak asing dengan ibadah yang satu ini, tetapi tak sedikit yang meremehkannya.

Inilah amalan yang menggugurkan dosa-dosa. Rasulullah صلى الله عليه وسلم langsung mengabarkannya lewat sabdanya. Siapa yang melaksanakan ibadah ini niscaya dosa-dosanya akan berguguran. Amalan apakah itu?

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, sesungguhnya Rasulullah صلى الله عليه وسلم pernah keluar dari rumahnya ketika musim dingin dan daun-daun berguguran. Beliau mengambil setangkai ranting pohon, sehingga daun-daunnya mulai berguguran. Beliau bersabda:

“Wahai Abu Dzar!” Abu Dzar menyahut, “Labbaik ya Rasulullah!” Sabda beliau: “Sesungguhnya seorang muslim yang menunaikan sholatnya semata-mata karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguguran darinya sebagaimana daun-daun ini gugur dari rantingnya.” (Ahmad-At-Targhib)

Ustaz Budi Ashari dalam kajiannya menjelaskan, pada musim dingin, biasanya daun-daun berguguran dari pohonnya sehingga ada sebagian pohon yang daunnya tidak tersisa sedikit pun. Itulah perumpamaan hasil sholat yang dilakukan dengan ikhlas, yakni segala dosa akan diampuni tanpa satu dosa pun yang tertinggal.

Menurut sebagian ulama, dosa-dosa kecil dapat diampuni melalui sholat. Sedangkan dosa-dosa besar akan diampuni dengan taubat nashuha. Semoga Allah dengan kemurahan-Nya mengampuni dosa-dosa kita yang kecil maupun yang besar.

Itulah dahsyatnya fadhillah sholat, perkara yang sebagian orang mungkin meremehkannya namun terdapat keutamaan besar bagi yang ikhlas menjalankannya. Sholat yang diridhoi Allah di sini adalah sholat di awal waktu yang dilakukan secara berjamaah.

Keutamaan Sholat Berjamaah
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

أَرَأَيْتُمْ لَوْ أَنَّ نَهَرًا بِبَابِ أَحَدِكُمْ ، يَغْتَسِلُ فِيهِ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسًا ، مَا تَقُولُ ذَلِكَ يُبْقِى مِنْ دَرَنِهِ » . قَالُوا لاَ يُبْقِى مِنْ دَرَنِهِ شَيْئًا . قَالَ « فَذَلِكَ مِثْلُ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ ، يَمْحُو اللَّهُ بِهَا الْخَطَايَا »



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved