5 Tingkat Ke-khusuk-kan Dalam Sholat, di Mana Posisi Sholat Kita? – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

5 Tingkat Ke-khusuk-kan Dalam Sholat, di Mana Posisi Sholat Kita?

Published

on

[ad_1]

loading…

Dalam proses mendekat kepada Allah ‘azza wa jalla (taqarrub ilallah), beda orang beda kemampuan , beda semangat, dan beda kesungguhan. Begitu pula ketika melakukan sholat, tingkat khusuk manusia memiliki level yang berbeda-beda. Lantas di level manakah ke’khusuk’kan sholat kita?

Baca juga: 5 Ayat Al-Qur’an Pendorong Semangat Menghadapi Kesulitan Hidup

Dalam kitab ‘al-Wabil ash-Shayyib min al-Kalim ath-Thayyib’, Ibnul Qayyim rahimahullah mengklasifikasikan manusia dalam beberapa tingkatan terkait tingkat khusyuk dalam sholat. Tingkat khusyuk manusia dalam sholat memiliki 5 tingkatan atau level. Perbedaan level ini muncul karena faktor tingkat kehadiran hati, tingkat kelalaian, konsentrasi , dan berpalingnya hati dari mengingat Allah Ta’alasaat melaksanakan ibadah sholat.

Baca juga: Dahsyatnya Sedekah di Hari Jumat

Berikut tingkatkan khusuk manusia dalam melaksanakan ibadah sholat menurut Ibnu Qayyim:

1. Tingkatan orang yang menzalimi dan menelantarkan diri sendiri. Tingkatan ini ditempati orang yang tidak menjaga kesempurnaan wudhu, waktu-waktu sholat, batasan-batasan serta rukun-rukunnya.

2. Orang yang memelihara waktu-waktu sholat, batasan-batasannya, rukun-rukun lahiriahnya, dan wudhunya, hanya saja ia mengesampingkan upaya untuk melawan bisikan jiwa. Sehingga, ia terbawa oleh bisikan-bisikan jiwa dan pikiran-pikiran.

Baca juga: 5 Sifat Istri yang Membuat Rezeki Suami Mengalir Deras

3. Orang yang menjaga batasan-batasan sholat dan rukun-rukunnya, serta berusaha kuat melawan bisikan-bisikan dan pikiran-pikiran. Ia sibuk melawan musuhnya agar tidak mencuri sholatnya, maka ia berada dalam shalat dan jihad.

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved