5 Hal yang Harus Dihindari Agar Khusyuk Saat Sholat – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

5 Hal yang Harus Dihindari Agar Khusyuk Saat Sholat

Published

on

[ad_1]

loading…

Muslimah, ibadah sholat adalah salah satu bentuk penghambaan kita pada Sang Maha Kuasa, Allah Ta’ala. KIta diperintahkan menjalankan ibadah wajib ini sebanyak lima waktu dalam sehari. Namun, dalam prakteknya , terkadang kita melakukan sholat terburu-buru, tidak tukmaninah dan tidak khusyuk.

Baca juga: Apakah Amal Kita Diterima Allah SWT? Kenali Tanda-tandanya

Karena itu, ada baiknya saat sholat, kita bisa berada dalam keadaan khusyuk dan terhindar dari hal-hal yang mengganggu konsentrasi ibadah utama ini. Dikutip dari buku karya Abdillah Firmanzah Hasan, “400 Kebiasaan Keliru dalam Hidup Muslim’, disebutkan ada 5 hal yang bisa kita hindari agar sholat menjadi lebih khusyuk, yakni:

1. Jangan menahan hadas

Kita mungkin pernah merasakan betapa tak nyamannya menahan buang air kecil atau buang air besar, rasanya sulit untuk berkonsentrasi pada saat itu. Terlebih saat akan melakukan sholat. Oleh karena itu, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam menganjurkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sebelum memulai sholat agar shalat menjadi khusyuk.

Baca juga: Wanita Cantik dan Pernikahan Tak Halal

Seperti dalam Sabdanya:

“Tidak ada shalat jika makanan telah dihidangkan dan tidak pula dalam keadaan menahan dua hal yang buruk (maksudnya kencing dan buang air besar).” (HR. Muslim).

Tapi jika dirasa mendesak, maka tak dilarang apabila sholat sambil menahannya. Sebagaimana Imam Nawawi juga membahas hal ini, “Menahan kencing dan buang air besar (termasuk pula kentut) mengakibatkan hati seseorang tidak konsen di dalam shalat dan khusyuknya jadi tidak sempurna. Menahan buang hajat seperti itu dihukumi makruh menurut mayoritas ulama Syafi’iyah dan juga ulam lainnya. Namun bila waktu sempit untuk sholat, misalnya jika makan atau bersuci bisa keluar dari waktu sholat, maka (walau dalam keadaan menahan kencing) tetap sholat di waktunya dan tidak boleh ditunda.”

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved