Wajib Diketahui, Tiga Waktu yang Dilarang untuk Tidur – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Wajib Diketahui, Tiga Waktu yang Dilarang untuk Tidur

Published

on

[ad_1]

loading…

Tidur merupakan sebuah nikmat yang diberikan Allah Subhanahu wa ta’ala. Dengan tidur, manusia memiliki waktu untuk mengistirahatkan tubuhnya dari segala aktivitas . Akan tetapi, dalam Islam ada waktu-waktu tertentu yang justru dilarang untuk tidur. Kenapa demikian? Dan waktu kapan saja kita dilarang untuk tidur ini?

Baca juga: Kejayaan Islam di Pulau ‘Mafia’ Sisilia yang Sering Terlupakan

Muslimah, tidur adalah salah satu di antara tanda kekuasaan Allah Ta’ala. Sebagaimana tercantum dalam firmanNya :

ูˆูŽู…ูู†ู’ ุกูŽุงูŠูŽุงุชูู‡ู ู…ูŽู†ูŽุงู…ููƒูู… ุจูุงู„ู‘ูŽู„ูŠู’ู„ู ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽู‡ูŽุงุฑู ูˆูŽุงุจู’ุชูุบูŽุขุคููƒูู… ู…ู‘ูู† ููŽุถู’ู„ูู‡ู ุฅูู†ู‘ูŽ ูููŠ ุฐูŽู„ููƒูŽ ู„ุฃูŽูŠูŽุงุชู ู„ู‘ูู‚ูŽูˆู’ู…ู ูŠูŽุณู’ู…ูŽุนููˆู†ูŽ

โ€œDan diantara tanda-tanda kekuasaanNya adalah tidurmu di waktu malam dan siang hari serta usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkanโ€. (QS Ar Rum: 23)

Ulama Ahlussunnah dan ahli tafsir, Syaikh Abdur Rahman Bin Nashir As Saโ€™di berkata ketika menafsirkan ayat di atas, โ€œTidur merupakan satu bentuk dari rahmat Allah sebagaimana yang Ia firmankan.

Baca juga: Tipe Manusia dalam Mengekspresikan Rasa Syukur Menurut Imam Al Ghazali

Kemudian, Allah Ta’ala juga berfirman :

ูˆูŽู…ูู† ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽุชูู‡ู ุฌูŽุนูŽู„ูŽ ู„ูŽูƒูู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ูŽ ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽู‡ูŽุงุฑูŽ ู„ูุชูŽุณู’ูƒูู†ููˆุง ูููŠู‡ู ูˆูŽู„ูุชูŽุจู’ุชูŽุบููˆุง ู…ูู† ููŽุถู’ู„ูู‡ู ูˆูŽู„ูŽุนูŽู„ู‘ูŽูƒูู…ู’ ุชูŽุดู’ูƒูุฑููˆู†ูŽ

โ€œDan karena rahmatNya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebagian dari karuniaNya (pada siang hari) dan supaya kamu bersyukurโ€. (QS Al Qashahs: 73).

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved