Tips Agar Mudah Bangun Malam untuk Qiyam Ramadhan – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Tips Agar Mudah Bangun Malam untuk Qiyam Ramadhan

Published

on

[ad_1]


loading…

Menghidupkan malam-malam Ramadhan dengan ibadah disebut dengan Qiyamullail. Pada bulan Ramadhan, selain sholat Tarawih dan Witir, umat muslim dapat mengerjakan sholat Tahajjud sebelum masuknya waktu Subuh.Bagi sebagian muslim, bangun di tengah malam sebelum sahur mungkin terasa berat. Berikut tips mudah agar bangun malam pada bulan Ramadhan.

Suatu Hari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam (SAW) tidur di rumah Sayyidah Hafsah. Untuk diketahui, Hafshah adalah putri sahabat Umar Bin Khatab radhiyallahu ‘anhu. Beliau memiliki kepribadian kuat dan teguh seperti ayahnya. Hafsah juga seorang perempuan yang pandai dalam membaca dan menulis, meskipun kala itu kemampuan tersebut tidak lazim dimiliki kaum wanita.

Hafsah selalu memberikan Nabi tidur di atas helaian kain yang tebal dilipat dua lipatan. Pada satu hari Hafsah terfikir untuk melipat kain itu sebanyak empat kali lipatan agar kain itu lebih lembut, lalu pada keesokan paginya Nabi bertanya kepada Hafsah: “Apakah yang telah dihamparkan pada malam tadi?”

Hafsah menerangkan: “Kain yang sama tetapi dilipat empat”. Lalu baginda Nabi bersabda: “Lipatlah seperti biasa, kelembutan kain itu menjadi penghalang untuk bangun pada tengah malam.” (HR At-Tirmizi)

Ibrah dari hadis di atas secara tidak langsung mengajar kita supaya tidak tidur dalam keadaan nyaman. Agar mudah bangun berqiam pada malam-malam Ramadan, hendaknya tidur seadanya dengan mencontohkan Rasulullah SAW.

Selain tidur sederhana, jam waktu istirahat juga perlu diperhatikan. Jika ingin mudah bangun malam, maka percepatlah jam tidur. Apabila telah selesai sholat Tarwih dan tilawah Qur’an, sebaiknya langsung tidur agar bisa bangun cepat sebelum waktu sahur.

Allah berfirman dalam Al-Qur’an:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Dan pada sebagian malam hari bersholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji.” (QS Al-Isra’: 79)

Baca Juga: Marhaban Ya Syahru Siyam, Ini 15 Keutamaan Ramadhan dan Dalilnya

(rhs)

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Tips #Agar #Mudah #Bangun #Malam #untuk #Qiyam #Ramadhan

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved