Selain Makkah dan Madinah, 8 Kota Ini Tercantum dalam Al Qur’an – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Selain Makkah dan Madinah, 8 Kota Ini Tercantum dalam Al Qur’an

Published

on



loading…

Dalam Al-Qur’an banyak dikisahkan sejarah masa lampau yang pernah terjadi pada masa nabi-nabi sebelum Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Bahkan ada kisah-kisah yang berlatar di kota-kota yang juga mengandung hikmah sekaligus menjadi saksi bagaimana suatu kaum melewati sejarah kegemilangannya.

Baca juga: Ini Pentingnya Menjaga Pandangan bagi Perempuan

Salah satu kota yang diabadikan dalam Al-Qur’an adalah Makkah. Allah menyebut kota suci ini dengan beragam nama, yakni: Bakkah (QS. Ali Imran: 96), Ma’ad (QS. Al Qashshash: 85), serta disebut pula dengan Ummul Qura (QS. Asy Syura: 7 dan Al An’am: 92). Penyebutan Ummul Qura karena kota Makkah lah induk atau pusat seluruh negeri di dunia. Dalam ayat lain, Makkah juga disebut Al Balad Al Amin, yakni negeri yang aman (QS. At Tin: 3). Nama surah Al Balad pun bukan bermakna negeri secara umum, melainkan negeri Makkah.

Kemudian Madinah (Yatsrib). Kota Rasulullah terekam namanya dalam Al Qur’an di Juz 21, yakni di surat Al Ahzab ayat 13-14. Inilah kota suci kedua umat Islam, kota bercahaya di mana Masjid Nabawi berdiri, kota tujuan hijrah, serta kota awal mula kekhalifahan Islam .

Baca juga: Rutinkan 6 Amalan Ini, Insyaallah Kecantikan Akan Terpancar

Keutamaan kota Madinah begitu banyak dan tak akan pernah lekang hingga hari akhir nanti. Adapun lokasinya berada di wilayah Hijaz. Kerajaan Arab Saudi menjadikan Madinah sebagai nama ibu kota sekaligus nama provinsi.

Selain Makkah dan Madinah, ada beberapa nama kota yang juga tercantum dalam Al-Qur’an. Disarikan dari laman NU Online, berikut nama-nama kota yang ada dalam Al Qur’anul Karim ini, antara lain:

1. Al Hijr (Madain Saleh)

Bukan hanya disebut namanya, kota Al Hijr bahkan menjadi nama salah satu surat dalam Al Qur’an, yakni surat ke-15 di juz 14. Al Hijr juga disebut Madain Saleh atau kotanya Nabi Saleh. Kisah sang nabi bersama mukjizat unta ajaibnya, terjadi di kota ini. Di masa kuno, kota dengan arsitektur nabatean ini dikenal dengan nama Hegra.



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved