Riya dan Sum’ah, 2 Perkara Ini Sering Diremehkan Kalangan Perempuan – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Riya dan Sum’ah, 2 Perkara Ini Sering Diremehkan Kalangan Perempuan

Published

on

[ad_1]

loading…

Media sosial (medsos) sepertinya sudah menjadi ajang pamer, termasuk dalam hal ibadah. Boleh jadi maksudnya bukan pamer, tapi sekadar update status, atau buat seru-seruan saja. Niat yang tadinya ikhlas karena Allah , tetapi dilakukan terus menerus dan masif akhirnya bisa bercampur riya dan sum’ah. Inilah yang secara tidak sadar sering diremehkan, termasuk di kalangan perempuan.

Apa itu riya dan sum’ah? Riya’ adalah memperlihatkan amal, dan sum’ah lebih berarti memperdengarkan amal. Riya’ dan sum’ah merupakan salah satu bentuk syirik kecil. Sebenarnya tujuan awal beramal adalah karena Allah, tetapi tiba-tiba muncul niatan yang ditujukan kepada selain-Nya, yaitu mengharap pujian dan sanjungan dari orang lain.

Baca juga: Doa Melihat Hilal Saat Menyambut Bulan Baru Kalender Hijriyah

Allah Ta’ala berfirman:

ุฅูู†ู‘ูŽุงู“ ุฃูŽู†ุฒูŽู„ู’ู†ูŽุงู“ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ูฑู„ู’ูƒูุชูŽูฐุจูŽ ุจููฑู„ู’ุญูŽู‚ู‘ู ููŽูฑุนู’ุจูุฏู ูฑู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ู…ูุฎู’ู„ูุตู‹ุง ู„ู‘ูŽู‡ู ูฑู„ุฏู‘ููŠู†ูŽ

“Sesunguhnya Kami menurunkan kepadamu Kitab (Al Quran) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya,” (QS Az-Zumar:2)

ุฃูŽู„ูŽุง ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ูฑู„ุฏู‘ููŠู†ู ูฑู„ู’ุฎูŽุงู„ูุตู

(Ingatlah, hanya kepunyaan Allahlah agama yang bersih (dari syirik)…..” (Az-Zumar : 3)

Maka katakanlah orang-orang yang tidak ikhlas, janganlah engkau memperlihatkan amalmu! Karena segala amal yang ditujukan kepada selain Alloh akan sia-sia.

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved