Ramadhan sebagai Momen Berhijrah secara Spiritual, Intelektual dan Peran Sosial – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Ramadhan sebagai Momen Berhijrah secara Spiritual, Intelektual dan Peran Sosial

Published

on

[ad_1]


loading…

JAKARTA – Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir , berharap umat Islam menjadikan bulan Ramadhan sebagai momen untuk berhijrah secara spiritual, intelektual, dan peran sosial yang mampu membawa kepada pencerdasan, pembebasan, kemajuan dan membangun peradaban yang utama.“Insya Allah jika ibadah puasa dan seluruh rangkaian ibadah di Bulan Ramadhan ditunaikan dengan rukun, khusyu’, dan tahsinah yang baik, maka akan melahirkan insan-insan yang al muttaqun,” ujarnya, sebagaimana dilansir laman resmi PP Muhammadiyah , Jumat (1/4).

Baca juga: Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil

Di sisi lain, Haedar juga mengajak pelaksanaan ibadah selama Bulan Ramadhan seperti ibadah puasa dan ibadah-ibadah yang lain dapat meningkatkan kedekatan dan hubungan dengan Allah SWT, sehingga melahirkan sikap rendah hati.

“Kami juga berharap ibadah puasa dan lain sebagainya yang dilakukan oleh kaum muslimin dapat meningkatkan kesalehan pribadi, yang memancar dalam kesalehan keluarga dan kehidupan masyarakat, bangsa, serta dunia kemanusiaan semesta,” tutur Prof Haedar.

Peningkatan kedekatan dan hubungan dengan Allah melalui ibadah selama bulan suci umat Islam ini, Haedar berharap umat Islam mampu menebar nilai-nilai perdamaian, kebaikan, keluhuran moral, serta berbagi dan keutamaan dalam hidup.

Haedar juga menjelaskan bahwa, Bulan Ramadhan sebagai wahana untuk mempererat ukhuwah. “Ramadhan sebagai wahana mempererat ukhuwah sesama kaum muslimin, serta sesama umat bangsa. Serta panggilan suci untuk merekat kebersamaan saling tolong menolong, berbagi dan peduli, serta membangun kehidupan bersama dalam keragaman,” ujarnya.

Guru Besar Sosiologi ini berharap, Bulan Ramadhan juga dimanfaatkan sebagai momen untuk berhijrah secara spiritual, intelektual, dan peran sosial yang mampu membawa kepada pencerdasan, pembebasan, kemajuan dan membangun peradaban yang utama.

“Insya Allah jika ibadah puasa dan seluruh rangkaian ibadah di Bulan Ramadhan ditunaikan dengan rukun, khusyu’, dan tahsinah yang baik, maka akan melahirkan insan-insan yang al muttaqun,” imbuhnya.

Terbentuknya Umat Islam yang bertaqwa sebab pelaksanaan ibadah selama Bulan Ramadan diharapkan akan menjadi insan yang memancarkan pencerahan di kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan dunia semesta dengan membawa misi rahmatan lil alamin.

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Ramadhan #sebagai #Momen #Berhijrah #secara #Spiritual #Intelektual #dan #Peran #Sosial

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved