Rahasia Tawaf, Ini Alasan Mengapa Ka’bah Diputari Melawan Arah Jarum Jam – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Rahasia Tawaf, Ini Alasan Mengapa Ka’bah Diputari Melawan Arah Jarum Jam

Published

on

[ad_1]

loading…

Ka’bah (الكعبة) adalah sebuah bangunan di tengah-tengah Masjidil Haram Makkah, Arab Saudi. Tempat ini merupakan tempat paling disucikan sekaligus kiblat sholat bagi umat Islam di muka bumi.

Ka’bah juga disebut Baitul Haram (rumah suci), Baitullah (rumah Allah), Baitul-Atiiq (rumah tua), dan Awalul Bait (rumah pertama). Awalnya bangunan Ka’bah terdiri atas dua pintu dan letak pintunya berada di atas tanah, tidak seperti sekarang yang pintunya agak tinggi. Sejak Nabi Ibrahim ‘alahissalam hingga sepeninggal Rasulullah صلى الله عليه وسلم, Ka’bah telah mengalami banyak pemugaran.

Baca Juga: Sejarah Kiswah, Kain Penutup Baitullah

Salah satu ibadah yang diperintahkan di Masjidil Haram adalah melakukan-Tawaf yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran. Thawaf merupakan salah satu rukun haji dan umroh. Perintah untuk melakukan thawaf ini diabadikan dalam Al-Qur’an:

ثُمَّ لْيَقْضُوا تَفَثَهُمْ وَلْيُوفُوا نُذُورَهُمْ وَلْيَطَّوَّفُوا بِالْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Kemudian, hendaklah mereka menghilangkan kotoran yang ada pada badan mereka dan hendaklah mereka menyempurnakan nazar-nazar mereka dan hendaklah mereka melakukan thawaf sekeliling rumah yang tua itu (Baitullah).” (Al-Hajj Ayat 29)

Muncul pertanyaan, mengapa Ka’bah diputari 7 kali melawan arah jarum jam? Mari kita simak ulasan Noriagaa dan Archenarh (dua warga Amerika keturunan Arab) dalam bukunya “The Diary of Dajjal”.

Di dalam Film “Wizard of Oz versi 1978” terlihat Kota Zamrud (Emerald City) yang terhubung dengan New York. Ketika sampai di ujung jembatan kuning, Darfy dan teman-temannya harus melewati pintu yang berbentuk lingkaran. Dari balik pintu itu terlihat tiga buah piramida. Di antara piramida itu terdapat pilar yang mirip dengan menara WTC, dan di bagian tengahnya terdapat patung bola yang merupakan representasi dari Ka’bah.

Penduduk Oz menari mengelilingi bola tersebut dengan mengenakan pakaian futuristik. Dari balik bola tersebutlah kita melihat dunia Oz. Dunia itu merupakan simbol dari Dewa Pan dan Aiwass, sekaligus tempat terbukanya gerbang bintang (stargate).

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved