Puasa Ayyamul Bidh 3 Hari Bertepatan dengan Nisfu Syaban – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Puasa Ayyamul Bidh 3 Hari Bertepatan dengan Nisfu Syaban

Published

on



loading…

Puasa 3 hari pada pertengahan bulan Hijriyah dikenal dengan istilah Ayyamul Biidh. Puasa ini memiliki fadhillah (keutamaan) besar sebagaimana pesan Rasulullah صلى الله عليه وسلم dalam berbagai riwayat Hadis.

Berdasarkan kalender Hijriyah, puasa Ayyamul Biidh (13,14,15 Syaban) dimulai besok, Sabtu (27/3/2021) hingga Senin (29/3/2021). Puasa Ayyamul Bidh kali ini tergolong istimewa karena bertepatan dengan Nisfu Syaban.

Malam Nisfu Sya’ban (15 Syaban) jatuh pada Minggu malam tanggal 28 Maret 2021. Malam Nishfu Sya’ban dikenal dengan istilah Lailatul Baro’ah yang berarti malam pengampunan dosa, malam berdoa dan malam pembebasan.

Keutamaan puasa Ayyamul Biidh ini diterangkan dalam hadis berikut. Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

وَإِنَّ بِحَسْبِكَ أَنْ تَصُومَ كُلَّ شَهْرٍ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فإن لك بِكُلِّ حَسَنَةٍ عَشْرَ أَمْثَالِهَا فإن ذلك صِيَامُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

“Sungguh cukup bagimu berpuasa selama tiga hari di setiap bulan, sebab kamu akan menerima 10 kali lipat pada setiap kebaikan yang kamu lakukan. Karena itu, maka puasa Ayyamul Bidh sama dengan berpuasa setahun penuh.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat lain, Beliau صلى الله عليه وسلم berwasiat kepada Abu Hurairah:

أَوْصَانِى خَلِيلِى بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاَةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

“Rasulullah mewasiatkan padaku tiga perkara yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati yaitu berpuasa tiga hari setiap bulannya, mengerjakan sholat dhuha, dan mengerjakan sholat witir sebelum tidur.” (HR Al-Bukhari)



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved