Pertunjukan Saluang Dendang dan Silek di Festival Nan Jombang Tanggal 3 | Agenda Budaya – Bagyanews.com
Connect with us

Indonesia Kaya

Pertunjukan Saluang Dendang dan Silek di Festival Nan Jombang Tanggal 3 | Agenda Budaya

Published

on


Tanggal :
3 Juli 2017

Lokasi : Ladang Tari Nan Jombang, Sanggar Rimbo Tarok Belakang Perumahan POLDA Balai Baru Padang, Sumatera Barat

Festival Nan Jombang Tanggal 3 yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, pada hari Senin, 03 Juli 2017 menghadirkan Saluang Dendang dan Silek. Saluang Dendang kali ini akan ditampilkan oleh Langkok Grup pimpinan Hasanawi.

Hasanawi dengan kelompoknya Langkok Grup memang sudah dikenal sebagai kelompok seni tradisi khususnya dalam Dendang Saluang di Sumatra Barat sejak tahun 1980-an dan kelompok tersebut masih terus hadir berkarya dan mempertahankan tradisi hingga saat ini.

Pada Festival Nan Jombang Tanggal 3 kali ini, Langkok Grup membawakan 3 lagu dendang yaitu Singgalang Ratok Saarah, Pelayaran, dan Piaman Lamo. Ketiga dendang saluang yang dibawakan Langkok Grup ini memang sudah dikenal sebagai dendang klasik dan sudah sangat familiar bagi masyarakat Minangkabau. Ketiga dendang saluang tersebut memang sudah menjadi dendang wajib dalam dunia pergurauan saluang.

Pada perpindahan setiap judul lagu dendang nantinya akan diisi oleh Silat tradisi Minangkabau yang akan dibawakan oleh pendekar silatnya yang bernama Jon Silek. Sebagaimana yang kita ketahui Saluang Dendang dan Silek, merupakan dua kesenian tradisi yang sudah menjadi semacam induk bagi seni tradisi Minangkabau lainnya. Saluang menjadi induk bagi musik tradisi, sedangkan silek menjadi induk bagi gerak tradisi di Minangkabau.

Info lebih lanjut, silahkan menghubungi panitia :

Angga Djamar : 0812 6616 716



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved