Perbedaan Antara Qiyamullail dan Tahajud – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Perbedaan Antara Qiyamullail dan Tahajud

Published

on

[ad_1]


loading…

Perbedaan antara Qiyamullail dan Tahajud perlu diketahui umat muslim agar tidak keliru dalam memaknainya. Qiyamullail artinya menghidupkan malam atau mendirikan malam dengan ibadah.Lalu bagaimana dengan Tahajud? Dalam Buku “33 Macam Jenis Shalat Sunnah”, Ustaz Muhammad Ajib Lc menjelaskan ibadah apapun yang dilakukan pada malam hari seperti sholat tahajud, sholat tarawih, sholat witir, sholat hajat dan lainnya disebut dengan Qiyamullail.

Baca Juga: Amalan Qiyamul Lail yang Dilakukan Imam 4 Mazhab

Sedangkan Tahajud adalah sholat sunnah malam yang dilakukan setelah bangun dari tidur setelah sholat fardhu Isya. Sholat Tahajjud itu adalah bagian dari Qiyamullail. Jadi, istilah Qiyamullail ini lebih umum dibanding dengan istilah tahajud.

Namun jika anda sholat sunnahnya sebelum tidur maka disebut sebagai sholat sunnah mutlaq. Dan sholat mutlaq ini juga termasuk bagian dari Qiyamullail jika dikerjakan pada malam hari.

Ustaz Ajib menukil keterangan dari Syekh Nawawi Al-Bantani rahimahullah (wafat 1316 H), seorang ulama besar Mazhab Syafi’i asal Banten) menyebutkan sebagai berikut:

ومن النفل املط ى ق ا ال ل. وإذا كان بعد و ولو يف وقت املغ ب
وبعد فعل العشا تقدميا يرم هتجدا.هناية الزين )ص: 114 )

“Di antara yang termasuk sholat mutlaq adalah sholat Qiyamullail, jika dilaksanakan setelah tidur maka disebut dengan sholat Tahajud walaupun tidurnya di waktu setelah Maghrib dan setelah sholat Isya secara jamak taqdim.”

Baca Juga: Doa Sholat Tahajud Lengkap Arab dan Artinya

Allahu A’lam

(rhs)

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Perbedaan #Antara #Qiyamullail #dan #Tahajud

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved