Niat Puasa Ramadhan Lengkap dengan Bacaan Latin dan Artinya – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Niat Puasa Ramadhan Lengkap dengan Bacaan Latin dan Artinya

Published

on

[ad_1]

loading…

Puasa Ramadhan tahun ini insya Allah jatuh pada Hari Selasa, 13 April 2021. Berikut lafaz niat puasa Ramadhan lengkap-bacaan latin dan artinya.

Untuk diketahui, puasa berasal dari kata “shaum” atau “shiyam” yang berarti menahan. Di dalam Al-Qur’an, kata “shaum” menunjukkan makna lebih umum ketimbang “shaum” yang justru sering digunakan untuk menunjukkan makna yang lebih khusus, yaitu berpuasa dengan menahan makan dan minum.

Baca Juga: Ramadhan Tinggal 14 Hari, Begini Cara Habib Abdullah Bin Husein Menyambutnya

Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya ummat Islam diwajibkan untuk berpuasa, sebaimana pesan Allah dalam Surah Al-Baqarah Ayat 183:

ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ูƒูุชูุจูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู ุงู„ุตู‘ููŠูŽุงู…ู ูƒูŽู…ูŽุง ูƒูุชูุจูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุจู’ู„ููƒูู…ู’ ู„ูŽุนูŽู„ู‘ูŽูƒูู…ู’ ุชูŽุชู‘ูŽู‚ููˆู†ูŽ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Salah satu rukun puasa adalah berniat. Dalil yang menjelaskan niat puasa Ramadhan dilakukan pada malam hari adalah sabda Nabi sebagai berikut:

ู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฌู’ู…ูŽุนู ุงู„ุตูู‘ูŠูŽุงู…ูŽ ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุงู’ู„ููŽุฌู’ุฑู ููŽู„ูŽุง ุตููŠูŽุงู…ูŽ ู„ูŽู‡ู

“Siapa yang tidak membulatkan niat mengerjakan puasa sebelum waktu fajar, maka ia tidak berpuasa.” (Hadits Shahih riwayat Abu Daud, at-Tirmidz, dan an-Nasaโ€™i)

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved