Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadhan 2 April, Ini Penjelasan Din Syamsuddin – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadhan 2 April, Ini Penjelasan Din Syamsuddin

Published

on

[ad_1]


loading…

Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan awal puasa Ramadhan tahun ini jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022. Hal ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tadjid PP Muhammadiyah.Maklumat ini dikeluarkan PP Muhammadiyah bernomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang penetapan hasil hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah.

Dalam maklumat ini, Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu, 2 April 2022, dan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

Baca juga: Jejak Muhammadiyah Membantu Palestina

Prof Din Syamsuddin MA PhD di hadapan Orbiters—jamaah pengajian dari kalangan artis, akademisi, maupun aktivis—menerangkan, “Insyaallah kita akan memulai malam Ramadhan pada tanggal 1 April, berpuasa pada tanggal 2 April.”

Pembina Kajian Virtual Orbit itu menekankan, menurut rukyat bil aqli, pada Jumat, 29 Sya’ban 1443 H (1 April 2022 M) siang pukul 13.27.13 WIB sudah terjadi ijtima konjungsi bumi, bulan, dan matahari pada garis lurus ekliptika.

Rukyat bil aqli mendasarkan perhitungannya pada ‘penglihatan’ akal pikiran yang menyandarkan pada ilmu pengetahuan dan teknologi. “Pada hari itu, waktu matahari terbenam, bulan berada pada ketinggian sekitar dua derajat di atas ufuk,” imbuh Prof Din, dalam pengajian virtual tersebut, Kamis pekan lalu, sebagaimana dilaporkan laman Muhammadiyah, pwmu.co.

Kemudian, dia menerangkan, ada tiga kriteria menurut pendekatan Muhammadiyah. Pertama, ijtima. “Ini pertanda bulan lama segera berakhir, pertanda akhir bulan Sya’ban,” terangnya.

Kata Prof Din, pendapat yang ekstrim menyatakan malam itu sudah jelas malam 1 Ramadhan. Namun, pendekatan Muhammadiyah masih menambah dengan dua kriteria lainnya. Kriteria kedua, ijtima terjadi sebelum matahari terbenam.

Dia mengungkap, “Hampir semua almanak kalender astronomi atau falakiah di kalangan umat Islam menyepakatinya. Di Indonesia banyak yang mengeluarkan almanak. Ormas-ormas Islam, termasuk Asosiasi Astronom Muslim Sedunia itu rata-rata perhitungannya eksak.”

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Muhammadiyah #Tetapkan #Awal #Ramadhan #April #Ini #Penjelasan #Din #Syamsuddin

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved