Menyambung Silaturrahim Mendorong Manusia Semakin Takwa – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Menyambung Silaturrahim Mendorong Manusia Semakin Takwa

Published

on



loading…

Menyambung tali silaturrahim dapat mendorong manusia semakin bertakwa kepada Allah. Silaturrahim tak hanya sebatas pertemuan saja, tetapi harus dapat merangkul, mengumpulkan dan mengikat kembali rasa persaudaraan menjelang puasa Ramadhan.

Dari Abu Ayyub Al-Anshori, Rasululllah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang amalan yang dapat memasukkan ke dalam surga. Lalu beliau menjawab:

تَعْبُدُ اللَّهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا ، وَتُقِيمُ الصَّلاَةَ ، وَتُؤْتِى الزَّكَاةَ ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ

“Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik pada-Nya, dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturrahim (dengan orang tua dan kerabat).” (HR. Bukhari No 5983)

Baca Juga: 10 Keutamaan dan Keuntungan Menyambung Silaturrahim

Begitu besar fadhillah dan manfaat silaturrahim sehingga komunitas “Pomparan Ompu Tambihul” menggelar pertemuan silaturrahim secara virtual. Silaturrahim ini dilakukan secara virtual karena anggota keluarga besar ini tersebar di beberapa negara seperti Saudi Arabia, Australia, Kanada dan Amerika Serikat.

“Seluruh keluarga besar dan keturunannya rutin berkumpul saat menjelang Ramadhan untuk saling berjumpa, menyapa dan memastikan seluruh keturunan Ompu Tambihul berada dalam keadaan sejahtera. Kali ini kita adakan virtual mengingat masa pandemi,” kata Basjaruddin Hutasuhut, salah satu anggota yang dituakan pada silahturahmi virtual pada Ahad (4/4/2021) lalu.

Pertemuan rutin ini selain mempererat tali silaturrahim, juga meningkatkan rasa tolong menolong kepada keluarga yang berkekurangan sehingga semua anggota bisa hidup sejahtera.

Basjaruddin mengatakan, sambunglah silaturrahim dengan berlemah lembut, berkasih sayang, wajah berseri, memuliakan, dan dengan segala hal yang sudah dikenal manusia dalam membangun silaturahmi.

Dengan silaturrahim, pahala yang besar akan diproleh dari Allah ‘Azza wa Jalla. Silaturahim menyebabkan seseorang bisa masuk ke dalam surga. Silaturahim juga menyebabkan seorang hamba tidak akan putus hubungan dengan Allah di dunia dan akhirat.

Esensi dari silaturrahim, kata dia, tidak sebatas bersalaman (musafahah), bukan pula sekadar pertemuan (muwajahah), tetapi yang menyebabkan keluarga semakin taat kepada Allah dan menjadikan kita terhindar dari perbuatan maksiat. Sebab, silaturahim adalah ketaatan dan amalan yang mendekatkan kepada Allah, serta tanda takutnya seorang hamba kepada Allah.

Baca Juga: Ancaman Keras Bagi yang Memutuskan Silaturrahim

(rhs)



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved