Mengapa Umat Islam Dilarang Menyakiti Perempuan? Inilah Alasannya – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Mengapa Umat Islam Dilarang Menyakiti Perempuan? Inilah Alasannya

Published

on

[ad_1]


loading…

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, mewanti-wanti agar kaum muslimin jangan menyakiti perempuan. Peringatan keras itu disampaikan Nabi dalam sebuah kesempatan, yakni pada hari Jumat 9 Dzulhijah ketika Haji Wada’ (haji perpisahan bagi Rasulullah). Nabi Muhammad SAW menyampaikan khutbahnya terakhir. Nabi bersabda, “Aku berwasiat pada kalian agar bersikap baiklah terhadap wanita .” Itulah kalimat yang diulang-ulang hingga tiga kali dalam khutbah perpisahannya (wada’) sebelum Nabi Muhammad meninggalkan kita semua selamanya. Nabi Melanjutkan, “Janganlah mencari-cari alasan untuk menyakiti wanita.”

Baca juga: Keistimewaan Wanita yang Jarang Diketahui, Begini Sikap Nabi Terhadap Putrinya

Sabda Nabi itu menegaskan bahwa kesempurnaan agama Islam adalah bahwa Islam memuliakan wanita muslimah dan memberikan penjagaan terbaik pada mereka serta memerhatikan hak-haknya. Islam memperingatkan dengan keras agar tidak menyakiti dan menzalimi wanita. Sejatinya, Islam juga memuliakan wanita dan menjaganya agar tetap terhormat.

Di antara contoh yang terdapat dalam al Qur`an adalah: wanita memiliki hak yang sama dengan laki-laki dalam beribadah dan mendapat pahala:

وَمَنْ يَعْمَلْ مِنَ الصَّالِحَاتِ مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَئِكَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ وَلَا يُظْلَمُونَ نَقِيرًا

“Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun wanita sedang ia orang yang beriman, maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun.” (QS. An Nisâ [4]: 124)

Dalam kitab hadis shahih Bukhari Muslim, Nabi bersabda, “Siapa yang memiliki tiga anak wanita lalu mendidiknya dan berhasil baik dalam pendidikannya maka itu akan menjadi pembebas baginya dari api neraka. Sahabat bertanya, Bagaimana jika hanya dua anak wanita saja, ya Rasulullah? Jawab Nabi. Dua anak wanita pun bisa. Kata sahabat lagi, Bagaimana bila hanya satu anak wanita saja, Baginda Rasul? Jawab Nabi, “Satu anak wanita pun juga bisa.”

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah juga bersabda :

‎اسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ ، فَإِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ ، وَإِنَّ أَعْوَجَ شَىْءٍ فِى الضِّلَعِ أَعْلاَهُ ، فَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهُ كَسَرْتَهُ ، وَإِنْ تَرَكْتَهُ لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ ، فَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Mengapa #Umat #Islam #Dilarang #Menyakiti #Perempuan #Inilah #Alasannya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved