Marhaban Ya Syahru Siyam, Ini 15 Keutamaan Ramadhan dan Dalilnya – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Marhaban Ya Syahru Siyam, Ini 15 Keutamaan Ramadhan dan Dalilnya

Published

on

[ad_1]


loading…

Marhaban Yaa Ramadhan, Marhaban Ya Syahru Siyam. Selamat datang wahai bulan mulia, bulan berpuasa. Ramadhan begitu istimewa karena banyak keutamaan yang tidak dimiliki bulan-bulan lainnya.Maka sambutlah kedatangannya dengan hati gembira penuh suka cita. Dialah satu-satunya bulan yang membawa keberkahan, alangkah mulianya tamu agung itu.

Baca Juga: Sejarah dan Asal Usul Puasa Ramadhan

Umat muslim perlu mengetahui keutamaan Ramadhan yang sangat agung. Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam (SAW) mengingatkan umatnya agar tidak melalaikan bulan ini.

Berikut 15 Keutamaan Bulan Ramadhan Lengkap dengan Dalilnya:

1. Bulan Diwajibkan Berpuasa 1 Bulan Penuh
Ramadhan menjadi istimewa karena di bulan ini umat muslim diwajibkan berpuasa sebulan penuh. Tujuannya tidak lain untuk menjadikan seorang muslim menjadi hamba bertakwa. Berikut firman-Nya dalam Al-Qur’an:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atasmu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelummu agar kamu bertakwa.” (QS Al-Baqarah: Ayat 183)

2. Bulan Diturunkannya Kita Suci Al-Qur’an
Salah satu keutamaan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya pertama kali diturunkan Al-Qur’an pada Lailatul Qadar, yaitu malam kemuliaan. Ini terjadi pada tanggal 17 Ramadan bertepatan dengan pecahnya perang pasukan Islam dan kafir Quraisy di Badar, yang pada saat turun wahyu itu Nabi Muhammad SAW berusia 40 tahun.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Marhaban #Syahru #Siyam #Ini #Keutamaan #Ramadhan #dan #Dalilnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved