Lakukan 2 Amalan Sebelum Tidur Ini, Ruang Gerak Dosa akan Dipersempit – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Lakukan 2 Amalan Sebelum Tidur Ini, Ruang Gerak Dosa akan Dipersempit

Published

on

[ad_1]


loading…

Ada 2 amalan sebelum tidur yang jika diamalkan dengan rutin maka ruang gerak dosa akan dipersempit, dan sudah pasti akan menambah pahala. Amalan apa saja itu?Dalam ensiklopedi Al-Qur’an, Imam Al-Qurthubi mengabarkan bahwa tidur dipersamakan dengan kematian, karena pada saat tidur manusia akan hilang kesadarannya. Karena itu, mengantisipasi saat kematian itu datang, maka amalan sebelum tidur ini dianjurkan untuk dilakukan.

Dalam buku ‘Pola Hidup dan Tidur Sehat al Rasulullah’, yang ditulis oleh Nor Kholish Reefani, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam banyak memberikan contoh bagaimana agar persiapan sebelum tidur bisa bernilai ibadah. Misalnya, sebelum tidur ada amalan-amalan untuk mempersempit ruang gerak dosa dan menambah amal pahala.

Baca juga: Mau Tidur Dapat Pahala? Yuk, Lakukan Amalan Ini!

Karena itu, disunahkan agar setiap muslim melakukan amalan ini untuk mendapatkan kecintaan Allah Ta’ala dan bertaubat kepadaNya. Misalnya :

1. Melakukan Muhâsabah (Introspeksi Diri).

Muhâsabah ialah usaha seseorang untuk mengevaluasi segala perbuatannya, baik sebelum maupun sesudah melakukannya. Sebelum tidur hendaklah seorang hamba mengintrospeksi diri atas segala perkataan maupun perbuatannya sepanjang hari, baik yang berkaitan dengan hak-hak Allâh maupun hak-hak sesama manusia.

Jika dia telah melakukan amal shalih, maka hendaknya dia bersyukur dengan memuji Allâh dan memohon kepada-Nya tambahan nikmat. Dan memohon kepada-Nya pula agar senantiasa diberi taufiq dan kesanggupan untuk dapat melaksanakan amal ketaatan. Namun jika sebaliknya, maka hendaknya dia segera bertaubat dan memohon ampunan kepada-Nya serta bertekad untuk segera melakukan kebaikan.

Tentang muhâsabah, Allâh Azza wa Jalla berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Lakukan #Amalan #Sebelum #Tidur #Ini #Ruang #Gerak #Dosa #akan #Dipersempit

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved