Kisah Nabi Musa, Sudah Berusia 120 Tahun Terkesan Enggan Meninggal Dunia – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Kisah Nabi Musa, Sudah Berusia 120 Tahun Terkesan Enggan Meninggal Dunia

Published

on




loading…

Nabi Musa as berjuluk Kalimullah. Tatkala Allah Taala menugaskan malaikat Izrail untuk mencabut nyawanya, sang Nabi terkesan enggan. Padahal Nabi Musa pada saat itu sudah berusia 120 tahun. Malaikat Izrail ditampar sehingga batal mencabut nyawa Nabi Musa. Baca juga: Membaca Misi Suci Nabi Musa AS

Ada sejumlah riwayat yang mengisahkan tentang wafatnya Nabi Musa. Salah satu riwayat menyebutkan bahwa wafatnya Nabi Musa saat bersama dengan sahabatnya, Yusya bin Nun.

Abu Ishaq al-Huwaini al-Atsari berdasar hadis sahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim menceritakan wafatnya Nabi Musa. Dari Abu Hurairah ra, ia bercerita: “Telah bersabda Rasulullah SAW :

Nabi Musa ‘alaihi sallam dulu pernah di datangi malaikat maut, lalu berkata kepadanya: “Penuhi panggilan Rabbmu”.

Maka Musa ‘alihi sallam memukul mata malaikat maut tadi, sampai terlepas. Akhirnya malaikat tersebut kembali menghadap Allah Azza wa jalla, lalu mengadu kepada -Nya, seraya mengatakan: “Sesungguhnya Engkau telah mengutus hamba kepada seseorang yang belum ingin meninggal, dan ia telah memukul mataku”.

Kemudian Allah ta’alla mengembalikan matanya. Lalu berfirman kepadanya: “Kembalilah kamu kepada hamba -Ku, lantas katakan padanya, kamu ingin hidup? Kalau sekiranya kamu ingin tetap hidup maka letakkan kedua tanganmu di atas bulu sapi jantan, apa yang tertutupi oleh tanganmu, maka satu helai sama dengan hidupmu satu tahun”.

Kemudian ia kembali kepada Musa, lalu mengatakan seperti yang diperintahkan oleh Allah Shubhanahu wa ta’alla. Musa bertanya: “Setelah itu apa?

Malaikat tersebut menjawab: “Setelah itu kamu mati!”

Musa mengatakan: “Bahkan sekarang, Ya Allah, matikanlah diriku di tempat yang suci dekat dengan bebatuan”.



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Kisah #Nabi #Musa #Sudah #Berusia #Tahun #Terkesan #Enggan #Meninggal #Dunia

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved