Kisah Khalifah Hisham, Angkat Keturunan Penghuni Neraka Saqar sebagai Gubernur Madinah – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Kisah Khalifah Hisham, Angkat Keturunan Penghuni Neraka Saqar sebagai Gubernur Madinah

Published

on

[ad_1]


loading…

Khalifah kesepuluh Dinasti Umayyah , Hisham bin ‘Abdul-Malik bin Marwan bin Hakam, dianggap sebagai khalifah yang sarat nepotisme. Keputusannya yang paling kontroversial adalah ketika ia mengangkat pamannya sebagai Gubernur Madinah. Sang paman ini adalah keturunan musuh Rasulullah SAW yang oleh Al-Qur’an divonis sebagai penghuni neraka Saqar.Baca juga: Bernarkah Khalifah Utsman bin Affan Dikorbankan Bani Umayyah?

Di antara para khalifah Umayyah yang berkuasa dari Syria, Hisham menjadi satu dari tiga khalifah yang memiliki masa kekuasaan terlama, yakni 19 tahun. Dua yang lain adalah Mu’awiyah bin Abu Sufyan dan ‘Abdul Malik bin Marwan.

Hisham lahir pada tahun 72 H, diangkat sebagai khalifah kesepuluh Bani Umayyah pada tahun 105 H. Ia naik tahta menggantikan saudara tirinya, Yazid bin Abdul Malik yang wafat karena dirundung patah hati.

Ada yang berpendapat, pada di era Hisham, menjadi salah satu puncak masa keemasan Dinasti Umayyah. Hal ini ditandai dengan banyak kemenangan dalam serangkaian ekspedisi militer. Hanya saja, sebagian lagi justru berpendapat sebaliknya. Ini terjadi karena di masa Hisham muncul banyak pemberontakan.

Pada era Hisham pemerintahannya sedang memeram bom waktu yang sewaktu-waktu akan meledak.

Hisham bin Abdul Malik mewarisi setumpuk persoalan dari khalifah sebelumnya: Yazid II. Hingga mau tak mau iapun harus meladeni sejumlah pertempuran di berbagai front.

Sebagian pendapat menyatakan bahwa Hisyam sebenarnya mencoba untuk bersikap moderat dan tidak memancing kegaduhan. Ia berusaha mengembalikan suasana keadilan di masa Umar bin Abdul Aziz. Tapi bagaimanapun, Hisham bukanlah Umar.

Contoh paling sederhana, Umar secara tegas melarang para khatib mencaci maki Ali bin Abi Thalib ketika khutbah Jumat. Tapi Hisham tidak mampu melarang kaumnya, ia hanya mampu sebatas menahan dirinya untuk tidak mencaci Ali saja.

Ini salah satu hal yang membuat Hisyam demikian lemah dibanding Umar bin Abdul Aziz. Ia tidak mampu melepaskan diri dari belenggu keluarga Umayyah. Bahkan di masa Hisham, nepotisme berlangsung demikian massif.

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Kisah #Khalifah #Hisham #Angkat #Keturunan #Penghuni #Neraka #Saqar #sebagai #Gubernur #Madinah

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved