Kisah Imam Sufyan Ats-Tsauri Menegur Khalifah, Ini yang Terjadi! – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Kisah Imam Sufyan Ats-Tsauri Menegur Khalifah, Ini yang Terjadi!

Published

on

Kisah Imam Sufyan Ats-Tsauri Menegur Khalifah, Ini yang Terjadi!

[ad_1]

loading…

Imam Sufyan Ats-Tsauri adalah seorang tokoh ulama yang dihormati pada masanya. Beliau bernama lengkap Sufyan bin Sa’id bin Masruq bin Habib bin Rafi’ bin Abdillah atau dipanggil Abu Abdillah Ats-Tsauri.

Sufyan Ats-Tsauri lahir di Kufah pada tahun 96 Hijriyah bertepatan tahun 716 M dan wafat di Bashrah pada bulan Sya’ban Tahun 161 Hijriyah (Tahun 778 M). Beliau dikenal sebagai imam dalam bidang hadis dan dinilai setara dengan para imam fikih mazhab yang empat: Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi’i, dan Imam Ahmad bin Hambal.

Baca Juga: Sekilas Tak Masuk Akal, Inilah Mukasyafah yang Dialami Para Wali (3)

Dalam Kitab-Tadzkiratul Auliya karya Fariduddin At-Tar diceritakan kisah Imam Sufyan Ats-Tsauri dan karomahnya yang penuh hikmah dan pelajaran. Kesalehan Sufyan Ats-Tsauri nampak sejak berada di dalam kandungan ibunya.

Suatu hari ibunya sedang berada di atas loteng rumah. Si ibu mengambil beberapa asinan yang sedang dijemur tetangganya di atas atap dan memakannya. Tiba-tiba Sufyan Ats-Tsauri yang masih berada di dalam rahim ibunya itu menyepak sedemikian kerasnya sehingga si ibu mengira bahwa ia keguguran.

Diriwayatkan bahwa yang menjadi khalifah pada masa itu ketika sholat di depan Imam Sufyan Ats-Tsauri memutar-mutar kumisnya. Setelah selesai sholat, Sufyan Ats-Tsauri berseru kepadanya:

“Engkau tidak pantas melakukan sholat seperti itu. Di Padang Mahsyar nanti sholatmu itu akan dilemparkan ke mukamu sebagai sehelai kain lap yang kotor.”

“Berbicaralah yang sopan,” tegur si khalifah.

“Jika aku enggan melakukan tanggung jawabku ini, semoga kencingku berubah menjadi darah.” jawab Sufyan Ats-Tsauri,”

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved