Kisah Ammar bin Yasir Disiksa dan Dipaksa Mencaci Rasulullah SAW – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Kisah Ammar bin Yasir Disiksa dan Dipaksa Mencaci Rasulullah SAW

Published

on

[ad_1]


loading…

Seluruh keluarga Ammar bin Yasir syahid saat disiksa kaum kafir Quraish. Dialah satu-satunya yang bertahan, sehingga Ammar harus menanggung siksaan yang lebih pedih. Ammar dipaksa mencaci Nabi Muhammad SAW dan keluar dari Islam. Ammar tak tahan dengan deraan itu sehingga menuruti apa yang dikatakan penyiksanya. Baca juga: Ammar bin Yasir: Ketika Ramalan Rasulullah Jadi Kenyataan

Shafiyyur-Rahman Al-Mubarakfury dalam bukunya berjudul “Sirah Nabawiyah” menjelaskan sebuah batu yang panas diletakkan di dada Ammar dan sebagian tubuhnya yang lain dibenamkan di dalam pasir yang panas membara.

“Kami tidak akan membiarkanmu kecuali jika engkau mau mencaci Muhammad, atau engkau mau mengatakan hal-hal yang baik tentang Latta dan Uzza,” kata para penyiksa kepada Ammar bin Yasir.

Khalid Muhammad Khalid dalam “Karakteristik Perihidup 60 Sahabat Rasulullah” menyebut bahwa beberapa sahabat Ammar juga meriwayatkan apa yang terjadi terhadap dirinya. Amar bin Hakam berkata, “Ammar itu disiksa sampai-sampai dia tidak menyadari apa yang diucapkannya.”

Selain itu, Amr bin Maimun meriwayatkan, bahwa ketika kaum Musyirikin sedang menyalakan api untuk membakar Ammar, Rasulullah sedang melintas. Meletakkan tangannya di atas kepala Ammar, Rasulullah berkata, “Wahai api! Jadilah sejuk dan nyaman bagi Ammar seperti yang engkau lakukan untuk Ibrahim.”

Baca juga: Ketika Khalid bin Walid Harus Memohon Maaf Kepada Ammar bin Yasir

Rasulullah kemudian memberi tahu Ammar bahwa (dia tidak akan mati karena penyiksaan ini, tetapi) sekelompok pemberontak akan membuatnya mati syahid.

Meskipun bersabar dan mendapatkan pertolongan dari Rasulullah, pada waktunya Ammar benar-benar mengalami penderitaan yang begitu berat. Suatu hari, para tukang cambuk dan penderanya menggunakan segala daya dan upaya untuk melampiaskan kekejian dan kezaliman, serta untuk membuat patah semangat Ammar.

Dia disiksa dengan besi panas, disalib di atas pasir panas dengan batu merah membara ditindihkan ke dadanya, bahkan hingga ditenggelamkan ke dalam air untuk membuat sesak nafasnya. Tubuhnya penuh luka-luka dan kulitnya banyak yang mengelupas.

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Kisah #Ammar #bin #Yasir #Disiksa #dan #Dipaksa #Mencaci #Rasulullah

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved