Kisah Abu Umamah Al-Bahili Yang Kenyang Lewat Mimpi – Bagyanews.com
Connect with us

Hikmah

Kisah Abu Umamah Al-Bahili Yang Kenyang Lewat Mimpi

Published

on

Kisah Abu Umamah Al-Bahili Yang Kenyang Lewat Mimpi



BagyaNews.com Abu Umamah Al-Bahili berdakwah kepada suatu masyarakat di tempat yang jauh. Dakwahnya ditolak berkali-kali. Saat haus dan lapar, masyarakat menolak memberinya makan dan minum. Ia sabar dan ikhlas. Namun, Abu Umamah mengalami mimpi aneh yang membuatnya kenyang dan segar. Inilah kisah Abu Umamah yang kenyang lewat mimpi.

Alkisah, pada suatu ketika Abu Umamah al-Bahili (Sudday bin ‘Ajlan) mendapat perintah dari Nabi Muhammad Saw. untuk berdakwah kepada suatu kaum. Saat itu, mereka sedang meminum minuman keras. Melihat kedatangan Abu Umamah, salah seorang dari mereka justru menyuruh temannya untuk menuangkan air (minuman keras) agar juga bisa diminum oleh Abu Umamah. 

“Tidak! Aku beriman kepada Allah dan rasul-Nya, maka aku tidak mau. Rasul mengutusku agar kalian mau memeluk Islam dan menjalankan ajarannya,” jawab Abu Umamah tegas. 

Bahkan saat itu pula, ada di antara golongan kaum itu yang datang membawa mangkuk berisi darah dan segera mereka berkumpul kemudian memakannya. Tak lupa, mereka juga menawari Abu Umamah lagi, “Mari makan, wahai Abu Umamah!”

Abu Umamah menjawab, “Celaka kalian! Justru aku datang karena diutus oleh orang yang mengaharamkakn apa yang kalian makan ini, yakni berdasarkan kitab suci yang diturunkan Allah Swt.”

“Apa yang dia (Nabi Muhammad Saw.) katakan?” tanya mereka.

Abu Umamah mengatakan bahwa Allah menurunkan ayat, “Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah.” (QS. Al-Maidah [3]: 3)

Namun apa yang dikatakan Abu Umamah Al-Bahili tidak membekas pada hati mereka. Mereka tetap tidak mau menerima ajakan mulia Abu Umamah ini. Di saat yang sama, Abu Umamah sedang berada dalam keadaan yang sangat haus sekali. Hal demikian membuatnya “terpaksa” meminta minum kepada mereka. Permintaan itu ditolak. Mereka bahkan mengatakan akan membiarkan Abu Umamah mati kehausan. Na’udzu billah. 

Keadaan yang sangat haus itu akhirnya membuat Abu Umamah mengantuk dan akhirnya tertidur, dengan kondisi hanya berbantal sorban miliknya. Cuaca saat itu sedang panas-panasnya. Ia bermimpi didatangi seseorang yang sangat tampan. Orang tersebut membawa gelas kaca berisi minuman. Abu Umamah dipersilakan meminumnya. Ternyata, apa yang diminumnya itu adalah sesuatu yang sangat lezat yang tiada bandingannya. Setelah itu, ia terbangun dari tidur. Anehnya, ketika bangun, ia tidak merasakan haus lagi. 

Abu Umamah Al-Bahili mendengar ucapan salah satu dari mereka yang menganjurkan untuk memberinya minum. Namun Abu Umamah menolaknya. Ia berkata, “Saya tidak butuh lagi. Sungguh, Allah telah memberiku makan dan minum.” Ia juga memperlihatkan perutnya yang sudah membesar tanda bahwa sudah ada yang konsumsi. Melihat itu, akhirnya mereka pun memeluk Islam. Alhamdulillah

Kisah di atas tertulis dalam kitab al-Mustadrak ‘ala al-Shahihain karya Abu Abdillah al-Hakim dan kitab Hayah al-Shahabah karya Muhammad Yusuf al-Kandahlawi. Terbaca dalam kisah di atas betapa ikhlasnya Abu Umamah melaksanakan perintah Nabi Muhammad Swt, yaitu dakwah. Meski ia tak dihargai (bahkan sampai dibiarkan kelaparan) oleh obyek dakwahnya, Abu Umamah tidak marah. 

Walhasil, keikhlasan adalah inti dalam setiap amal perbuatan. Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Sesungguhnya setiap amalam tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan…” (HR. Bukhari). Juga, berkat keikhlasannya, sebagaimana dalam kisah di atas, kebutuhan Abu Umamah dicukupi oleh Allah Swt. 



Sumber Berita harakah.id

#Kisah #Abu #Umamah #AlBahili #Yang #Kenyang #Lewat #Mimpi

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved