Keutamaan Menutupi Aib Orang Lain, Allah Ganjar dengan 3 Hal Ini – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Keutamaan Menutupi Aib Orang Lain, Allah Ganjar dengan 3 Hal Ini

Published

on

Keutamaan Menutupi Aib Orang Lain, Allah Ganjar dengan 3 Hal Ini

[ad_1]

loading…

Perilaku membuka dan menyebarkan aib orang lain merupakan suatu perkara yang buruk . Dalam Islam, menutupi aib orang lain memiliki keutamaan . Bahkan, Allah berjanji akan menutupi aib hamba-Nya, jika ia juga berusaha untuk menutupi aib orang lain.

Baca juga: Inilah 7 Ayat Al-Qur’an Sebagai Doa Saat Cemas Melanda

Tak hanya aib orang lain, bahkan aib sendiri saja tak sepantasnya untuk diumbar , karena Allah yang Maha Pengampun sejatinya telah menutupi aib hamba-Nya. Hanya saja terkadang manusia menjadi lalai. Sebuah hadis meriwayatkan dari Salim bin Abdullah, dia berkata, Aku mendengar Abu Hurairah radhiyallahu’ anhu bercerita bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

Baca juga: Mandi Wajib Bagi Muslimah, Ini Syarat dan Tata Caranya

“Setiap umatku akan mendapat ampunan, kecuali mujahirin (orang-orang yang terang-terangan berbuat dosa). Dan yang termasuk terang-terangan berbuat dosa adalah seseorang berbuat (dosa) pada malam hari, kemudian pada pagi hari dia menceritakannya, padahal Allah telah menutupi perbuatannya tersebut, yang mana dia berkata, ‘Hai Fulan, tadi malam aku telah berbuat begini dan begitu.’ Sebenarnya pada malam hari Rabb-nya telah menutupi perbuatannya itu, tetapi pada pagi harinya dia menyingkap perbuatannya sendiri yang telah ditutupi oleh Allah tersebut.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca juga: Kisah Ummu Kultsum binti Uqbah, Berhijrah Demi Iman

Betapa baiknya Allah pada hamba-Nya, bahkan hanya Dia lah yang berhak untuk menutup dan membuka aib kita. Namun, Allah memilih untuk menutup aib hamba-hamba-Nya, sampai manusia sendiri yang akhirnya lalai dan membukanya.

Dalam beberapa hadis disebutkan bahwa Allah akan memberikan keutamaan bagi hambaNya dalam perkara menutupi aib orang lain ini, di antaranya:

1. Allah akan menutupi aibnya di akhirat

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved