Ketika Umar bin Abdul Aziz Dipecat sebagai Gubernur Madinah – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Ketika Umar bin Abdul Aziz Dipecat sebagai Gubernur Madinah

Published

on

[ad_1]


loading…

Umar bin Abdul Aziz adalah sepupu dari Khalifah Al-Walid bin Abdul Malik . Ayahnya adalah Abdul Aziz, adik dari Abdul Malik bin Marwan. Seyogyanya, pengganti Abdul Malik adalah Abdul Aziz. Tapi karena Abdul Aziz keburu wafat, maka kedudukan tersebut diwariskan kepada Al-Walid. Baca juga: Khalifah Al-Walid bin ‘Abdul-Malik, Ketika Upeti Membanjiri Dinasti Umayyah

Umar bin Abdul Aziz terkenal sebagai bangsawan yang saleh. Ia menjabat sebagai Gubernur Madinah pada tahun 87 H, atau setahun setelah Al-Walid dinobatkan sebagai khalifah. Ketika itu usianya 25 tahun. Menurut riwayat Waqidi yang dikutip Ath-Thabari, Umar bin Abdul Aziz lahir pada tahun 62 H atau bertepatan dengan tahun 681/682M.

Ia datang bersama caravan yang berisi 30 unta, dan berhenti di Dar Marwan. Ketika mendengar penduduk Madinah mendengar kedatangannya, mereka langsung berdatangan menyambutnya.

Kemudian ia memanggil 10 orang berpengaruh untuk menduduki posisi sebagai dewan syuro di Madinah. Kesepuluh orang tersebut antara lain; ‘Urwah bin al-Zubayr, ‘Ubaydallah bin ‘Abdallah bin ‘Utbah, Abu Bakr bin ‘Abd al-Rahman, Abu Bakr bin Sulayman bin Abi Hathmah, Sulayman bin Yasar, al-Qasim bin Muhammad, Salim bin ‘Abdallah bin ‘Umar, ‘Abdallah bin ‘Abdallah bin ‘Umar, ‘Abdallah bin ‘Amin bin Rabi’ah, and Kharijah bin Zayd.

Maka hadirlah kesepuluh orang tersebut di hadapan Umar bin Abdul Aziz. Setelah Umar mempersilakan mereka duduk, ia lalu berpidato, setelah mengucapkan puji-pujian kepada Allah SWT, ia berkata:

”Aku memanggil kalian untuk sesuatu yang kalian akan mendapatkan perhargaan atasnya, yaitu kalian akan membantu untuk memutuskan apa yang benar.”

“Aku tidak akan membuat satupun keputusan tanpa meminta pendapat kalian, atau setidaknya pendapat tersebut yang akan digunakan. Apabila kalian melihat ada yang melampaui batas, atau melihat sebuah ketidakadilan dalam pemerintahanku yang sampai pada kalian, aku mohon kalian melaporkannya kepadaku.”

Mendengar ini mereka menjawab, “semoga Allah memberimu kebaikan”, dan mereka semua bubar.

Baca juga: Marwan Bin Hakam, Pecahan Laknat Allah yang Jadi Khalifah Dinasti Umayyah

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Ketika #Umar #bin #Abdul #Aziz #Dipecat #sebagai #Gubernur #Madinah

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved