Ketahui 10 Manfaat Membayar Pajak Untuk Negara - Bagyanews.com
Connect with us

Referensi

Ketahui 10 Manfaat Membayar Pajak Untuk Negara

Published

on

Membayar Pajak Untuk Negara


Tahukah bahwa ada banyak sekali manfaat jika kita membayar pajak tepat waktu, manfaat itu sendiri dapat dirasakan untuk diri sendiri hingga negara itu sekaligus. Nah jadi tidak ada asalan lagi kalau seseorang diwajibkan dalam membayar pajak.

Pengertian Pajak

Jika ada yang belum tahu apa itu pajak ? Pajak adalah kontribusi rakyat kepada negara yang wajib di patuhi, entah itu mengarah ke pribadi individu atau badan usaha. Pada dasarnya sifat pajak ini cukup memaksa, hal ini dikarenakan berdasarkan dengan dengan undang-undang. Uang pajak yang dibayarkan tadi akan digunakan untuk keperluan negara itu sendiri demi kemakmuran rakyatnya.

Pada dasarnya pembayaran pajak ini adalah perwujudan dari kewajiban negara untuk ikut serta secara langsung dan juga ikut serta dalam melaksanakan pembiayaan suatu negara untuk pembagunan nasional. Perlu diketahui juga bahwa pajak adalah sumber utama penerimaan negara, berkisar antara kurang lebih 70% penerimaan pajak itu sendiri. Jika seandainya tidak diberlakukan pajak, tentunya kegiatan yang ada pada negara itu akan sulit dalam proses pelaksanaannya.

10 Manfaat Membayar Pajak Untuk Negara

Masih banyak sekali masyarakat kita yang belum taat membayar pajak secara rutin, hal ini dikarenakan masyarakat itu sendiri kurang akan informasi mengenai apa saja manfaat dalam membayar pajak. Sebenarnya ada banyak sekali kelebihannya, nah supaya anda taat membayar pajak, maka baca poin dibawah ini mengenai manfaat dalam bayar pajak, supaya akan menyadari pentingnya manfaat tersebut.

1. Infrastruktur dan Fasilitas Umum

Poin dari poin pertama ialah untuk pembangunan infrastruktus dan fasilitas umum, manfaat ini dapat anda rasakan sendiri dampaknya untuk negara yakni dapat terciptanya beragam kelebihan terutama adanya perkembangan pada infrastruktur dan juga fasilitas umum. Ya betul sekali, terciptanya beraga tersebut bisa berupa pembangunan jembatan, sekolah, pembuatan jalan tol, rumah ibadah, dan lain-lain.

Pembangunan fasilitas umum dananya bersumber dari pajak yang dibayar masyarakat. Contohnya saja, jalan tol yang rusak dan banyak berlubang akan segara diperbaiki oleh pemerintah, nah dana tersebut pastinya berasal dari sebagian alokasi dana hasil penerimaan pajak.

Fasilitas umum seperti ini juga akan lebih memudahkan semua masyarakat, artinya semua orang dapat  menggunakannya. Misalnya saja, jika anda ingin berpergian keluar kota atau antar provinsi, tentu saja akan lebih mudah bila melewati jembatan yang sudah disediakan pemerintah, nah ini berkat anda taat dalam membayar pajak.

2. Fasilitas Pendidikan

Tidak hanya infrastruktur saja yang bisa dirasakan, akan tetapi dengan taat membayar pajak akan ada banyak fasilitas pendidikan yang bisa anda nikmati. Dengan hadirnya fasilitas pendidikan akan ada banyak program yang disediakan pemerintah seperti adanya program Beasiswa Bidik Misi, Kartu Indonesia Pintar dan juga Bantuan Operasional (BOS). Ini semua merupakan deretan dari hasil anda rutin membayar pajak, manfaat itu bisa kita rasakan bersama dari segi Pendidikan.

3. Pengembangan Transportasi Umum

manfaat taat dalam membayar pajak ketiga yakni dapat membantu dalam pengembangan transportasi umum, hal ini mampu memberikan tersedianya fasilitas transportasi umum pada setiap wilayah, tentu saja dapat memdahkan anda dengan keberadaannya, tidak hanya itu saja, transportasi umum yang nyaman, baik, dan juga tawaran harga yang terjangkau dapat memudahkan masyarakat dalam mengatasi kemacetan hingga masalah lainnya yang berkaitan dengan angkutan umum.

Upaya dari tujuan ini yaitu bisa memudahkan masyarakat dalam menggunakan kendaraan transportasi pribadi menjadi beralih ke menggunakan fasilitas transportasi umum.

4. Fasilitas Kesehatan

Selain itu juga, ternyata masih ada manfaat lainnya jika anda taat membayar pajak yakni fasilitas kesehatan yang bisa dirasakan semua orang keberadaannya. Perlu diketahui juga bahwa uang atau dana hasil penerimaan pajak tadi akan dialokasikan ke beberapa bidang kesehatan yang membutuhkan persediaan tambahan makanan bagi kalangan ibu hamil yang Kurang Energi Kronis (KEK) hingga kalangan balita malnutrisi seperti balita kurus kekurangan gizi.

Dana hasil alokasi penerimaan pajak dari masyarakat tentu saja akan berguna sekali dalam meningkatkan pelayanan dan juga mutu pada rumah sakit tersebut. Pembangunan Puskesmas juga adalah hasil dari penerimaan pajak, pembiayaan JKN/KIS dan golongan masyarakat yang masuk kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI) adalah hasil dari alokasi penerimaan pajak.

5. Keamanan dan Ketertiban

Manfaat lainnya apabila anda bayar pajak yaitu dapat merasakan ketertiban dan juga keamanan. Hal ini dikarenakan dana hasil penerimaan pajak tadi akan digunakan pemerintah untuk melakukan modernisasi dalam segala aspek, entah itu keamanan di darat air hingga keamanan di udara. Perlengkapan kendaraan tempur dan pengadaan senjata juga hasil dari pembayaran pajak masyarakat yang sudah terkumpul dan dibagikan berdasarkan keperluannya.

Tujuan dari semua ini pastinya agar negara tersebut lebih aman tenteram, terlindungi, kekayaan hasil alam dapat terjaga dengan baik, serta tidak dapat diambil atau dirampas dengan mudahnya oleh negara asing secara illegal seperti teroris.

6. Usaha Lebih Profesional

Jika anda memiliki usaha ataupun bisnis pada bidang tertentu, pastinya akan merasakan manfaat ini bila taat membayar pajak, terutamanya ialah badan usaha akan terlihat professional di hadapan konsumen maupun distributor anda.

Mengapa demikian ? sebab ketika anda mulai berkecipung di dunia bisnis bidang manufaktur, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya NPWP, kepanjangan NPWP disini ialah “Nomor Pokok Wajib Pajak”, ini adalah salah satu bagian terpenting untuk surat kerja sama kontrak. Jadi, jika anda tidak mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), maka bisnis atau perusahaan anda tidak akan terlihat profesional.

7. Dapat Menunjukkan Kesehatan Keuangan Perusahaan

Tahukah anda bahwa dengan membayar pajak dengan tepat waktu akan menunjukkan kesehatan keuangan suatu perusahaan. Pastinya upaya ini harus di dukung dengan pengelolaan keuangan perusahaan dengan baik.

“Apa yang terjadi jika telat membayar pajak ?” Tentu saja pihak ditjen pajak akan memberikan denda kepada tiap perusahaan yang telat membayar, hal ini bertujuan supaya setiap perusahaan terutama pengusaha bisa sadar bahwa pentingnya membayar pajak. Denda tersebut kadang bervariasi, tergantung dari kedua belah pihak.

8. Menstabilkan Perekonomian Negara

Pada pembahasan sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa dana penerimaan hasil pajak akan digunakan pemerintah dalam mengatur dan juga menstabilkan perekonomian negara tersebut. Jadi, jangan heran lagi kalau setiap orang yang bekerja ataupun sudah memiliki badan usaha akan dikenakan pajak, hal ini bertujuan supaya menjaga stabilitas perekonomian negeri.

Pajak juga dianggap menjadi salah satu alat stabilitas ekonomi, jika keberlangsungan pengaturan pajak terganggu, maka akan berdampak besar terhadap keberlangsungan ekonomi negara itu sendiri.

9. Pinjaman Lebih Mudah

Ada manfaat lain dari rutin membayar pajak yaitu anda akan lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman secara langsung dari bank pilihan. Tentu saja hal ini akan lebih memudahkan bagi anda para pemilik usaha yang sedang membutuhkan dana tambahan untuk memajukan usaha tersebut.

Untuk syarat meminjam uang ke bank, syarat pertama yang paling penting ialah menyiapkan kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) khusus kategori bisnis, pastinya pihak bank yang diajukan tadi akan menganggap usaha yang anda miliki termasuk dalam kategori pelaku bisnis profesional.

10. Adanya Keuntungan Bagi Pengusaha Domestik

Tahukah anda bahwa manfaat terakhir ini yaitu adanya keuntungan berlipat bagi pengusaha domestik, jangan heran lagi kalau barang-barang yang di impor akan dikenakan tanggungan pembayaran pajak yang tinggi oleh pemerintah, hal ini bertujuan supaya produk yang ada di dalam negeri akan mampu bersaing dengan pasaran. Pemerintah nantinya akan mengenakan pajak kepada pengusaha domestik atas Penjualan Barang Mewah (PPnBM), ini untuk kategori produk impor yang harganya mewah.

Sistemnya seperti ini, jika pajak tadi sudah dibayarkan oleh pengimpor, pastinya hal ini akan membantu dalam meredam neraca perdagangan perekonomian, tentunya jumlah kuantitas barangnya akan berkurang. Manfaat ini dapat dirasakan di kalangan pengusaha, mereka dapat memajukan usahanya dan mampu bersaing pada kalangan kompetitor golongan barang-barang impor.

Penutup

Itulah artikel yang sudah kami ulas mengenai manfaat membayar pajak, jadi anda bisa mengetahui apa saja manfaatnya agar lebih tepat waktu dalam membayar kewajiban pokok pajak, semoga artikel diatas dapat memberikan pengetahuan dan wawasan bagi pembaca, jika dirasa bermanfaat silakan bagikan konten ini ke media sosial anda. Terima kasih

 

Ketahui 10 Manfaat Jika Membayar Pajak



Sumber Berita

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved