Kala Koreysh, Jejak Dakwah Islam Suku Quraisy di Rusia – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Kala Koreysh, Jejak Dakwah Islam Suku Quraisy di Rusia

Published

on

[ad_1]

loading…

Suku Quraisy Mekkah ternyata meninggalkan jejak di pegunungan Rusia . Di dataran tinggi Kaukasus Utara wilayah Dagestan ada reruntuhan kota kuno bernama Kala Koreysh.Beyond Rusia melaporkan, kisah permukiman Kala-Koreysh bermula pada masa perluasan wilayah kekuasaan kekhalifahan Arab di Dagestan pada abad ke-7. Kota ini dulu menjadi pusat penyebaran dakwah Islam di kawasan negeri-negeri Kaukasus Utara di tepi Danau Kaspia.

Baca juga: Ada Makam 40 Sahabat Rasulullah SAW di Rusia, Jasadnya Utuh Beraroma Harum Mawar

Kala Koreysh, Jejak Dakwah Islam Suku Quraisy di Rusia

Posisi strategis ini memungkinkan benteng permukiman itu mengendalikan rute perdagangan dan menyebarkan Islam di wilayah itu. Bersama dengan Derbent, Kala-Koreysh menjadi salah satu pusat utama persebaran Islam di Dagestan dan Kaukasus Utara.

Sekarang kota ini tinggal reruntuhan benteng, sebagian rumah penduduk, dan makam. Nisan-nisan batu panjang berkaligrafi Arab. Masih menjadi lokasi memikat para turis dan peziarah.

Permukiman berbenteng itu didirikan oleh anggota suku Quraisy, suku asal Nabi Muhammad SAW. Karena itu nama permukiman ini mengandung nama Quraisy meski sudah berubah dengan lafal Dagestan.

Kala Koreysh pernah menjadi ibu kota salah satu negara terkuat pada abad pertengahan yang dikenal sebagai Kaytag Utsmiystvo.

Permukiman ini terletak di tempat yang indah, tapi sulit dijangkau. Di puncak gunung dan dikelilingi lima sungai serta jurang yang curam. Satu-satunya cara untuk mencapai Kala-Koreysh melalui jalan setapak di punggung bukit.

Posisi strategis ini memungkinkan benteng permukiman itu mengendalikan rute perdagangan dan menyebarkan Islam di wilayah itu. Bersama dengan Derbent, Kala Koreysh menjadi salah satu pusat utama persebaran Islam di Dagestan dan Kaukasus Utara.

Kala Koreysh, Jejak Dakwah Islam Suku Quraisy di Rusia

Beberapa di antara warisan budaya Kala Koreysh adalah reruntuhan benteng, masjid abad ke-11 yang setengah hancur, mausoleum para penguasa terakhir negara Kaytag, dan pemakaman kuno baik untuk bangsawan maupun rakyat biasa.

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Kala #Koreysh #Jejak #Dakwah #Islam #Suku #Quraisy #Rusia

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved