Jadwal Imsak Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan, 1 Ramadhan 1443 Hijriyah – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Jadwal Imsak Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan, 1 Ramadhan 1443 Hijriyah

Published

on




loading…

Jadwal Imsak dan jadwal sholat ini bisa menjadi panduan Warga Jakarta, Bandung, Surabaya dan Kota Medan sebagai patokan untuk mengatur jadwal sahur selama bulan Ramadhan. Jadwal Imsakiyah dan sholat ini bersumber dari Kementrian Agama Republik Indonesia (@bimasislam.kemenag.go.id).Mengakhirkan Sahur dan Dalilnya:

Menurut Abu Syuja’ rahimahullah dalamkarya beliau ‘Matan Ghoyatul IkhtishoratauMatan Al Ghoyah wat Taqrib’berkata bahwa ada tiga hal yang disunnahkan ketika puasa: (1) Mengakhirkan makan sahur, (2) Menyegerakan berbuka puasa, dan (3) meninggalkan kata-kata kotor.

Baca juga: Jadwal Sholat April 2022 untuk Jakarta dan Sekitarnya

Makan sahur itu disepakati oleh para ulama, hukumnya sunnah dalam buku ‘Kifayatul Akhyar’, mengenai anjuran makan sahur disebutkan dalam hadis : “Makan sahurlah karena sesungguhnya pada sahur itu terdapat berkah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ulama berpendapat bahwa waktu makan sahur yang terbaik adalah diakhirkan, artinya masih dibolehkan makan selama belum yakin tibanya fajar shubuh. Tujuan mengakhirkan makan sahur adalah untuk lebih menguatkan badan.

Dari Abu Dzar, ia berkata, Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, “Umatku senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka dan mengakhirkan sahur.” (HR. Ahmad).

Dalil lain yang mendukung hadis di atas adalah praktek Nabishallallahu ‘alaihi wa sallamdalam makan sahur sebagaimana disebutkan dalam hadis bahwa :

Dari Anas bin Malik, Nabi Allahshallallahu ‘alaihi wa sallamdan Zaid bin Tsabit pernah makan sahur. Ketika keduanya selesai dari makan sahur, Nabi pun berdiri untuk pergi shalat, lalu beliau shalat. Kami pun berkata pada Anas, “Berapa lama jarak antara waktu selesai makan sahur dan waktu pengerjaan shalat?” Beliau menjawab, “Sekitar seseorang membaca 50 ayat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ibnu Hajar dalam Fathul Bari berkata, “Hadits di atas menunjukkan jarak antara akhir makan sahur dan mulai shalat.”



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Jadwal #Imsak #Jakarta #Bandung #Surabaya #dan #Medan #Ramadhan #Hijriyah

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved