Inilah Keutamaan Puasa dan Cara Mendapatkannya – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Inilah Keutamaan Puasa dan Cara Mendapatkannya

Published

on

[ad_1]

loading…

Muslimah, kurang dari sebulan lagi umat Islam akan memasuki bulan suci Ramadhan . Bulan istimewa yang diperintahkan Allah untuk menjalankan puasa wajib selama sebulan penuh. Banyak keutamaan puasa dan kedudukannya dalam Islam, salah satunya akan mendapat pahala, karunia dan pemuliaan dari Allah Subhanahu wa ta’ala.

Baca juga: Inilah Orang-Orang yang Beruntung Karena Didoakan Malaikat

Dalam ceramahnya di kanal muslim jaringan Rodja, Ustadz Ahmad Zainuddin Lc, menjelaskan puasa ada dua macam, yaitu puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa wajib adalah puasa yang diperintahkan oleh syariat dengan perintah yang keras , diancam dengan siksa bagi siapa yang meninggalkannya dengan sengaja.

Adapun puasa sunnah adalah puasa yang disyariatkan oleh syariat Islam tetapi tidak diperintahkan dengan keras, tapi hanya sebatas anjuran, tidak diancam siksa bagi siapa yang meninggalkannya dengan sengaja.

Terdapat ayat-ayat yang tegas di dalam Al-Qur’an yang memerintahkan untuk berpuasa sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan menjelaskan keutamaan-keutamaan puasa tersebut.

Baca juga: Kapan Batas Waktu Meng-qadha Puasa Ramadhan?

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِينَ وَالْقَانِتَاتِ وَالصَّادِقِينَ وَالصَّادِقَاتِ وَالصَّابِرِينَ وَالصَّابِرَاتِ وَالْخَاشِعِينَ وَالْخَاشِعَاتِ وَالْمُتَصَدِّقِينَ وَالْمُتَصَدِّقَاتِ وَالصَّائِمِينَ وَالصَّائِمَاتِ وَالْحَافِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَالْحَافِظَاتِ وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Ahzab: 35)

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved