Inilah Kenikmatan Penyebab Penyakit Sombong Menurut Imam Al Ghazali – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Inilah Kenikmatan Penyebab Penyakit Sombong Menurut Imam Al Ghazali

Published

on




loading…

Ada banyak penyebab penyakit sombong , salah satunya karena adanya kenikmatan-kenikmatan. Kenapa kenikmatan? Karena kenikmatan yang dirasakan oleh seseorang itu justru merusak hatinya. Menurut Imam Al Ghazali, berbagai kenikmatan yang menjadikan kesombongan itu muncul, antara lain karena kenikmatan harta, fisik, ilmu pengetahuan, keturunan, bahkan ibadah.
Berikut penjelasannya menurut Iman Al-Ghazali:1. Ilmu pengetahuan

Biasanya orang yang berilmu tinggi atau berpendidikan tinggi merasa dirinya orang yang paling pandai bila dibandingkan dengan orang yang tidak berilmu atau berpendidikan

Baca juga: 6 Cara Agar Terhindar dari Sifat Sombong

2. Amal ibadah

Amal ibadah yang tidak jelas dapat menyebabkan sifat takabbur apalagi bila mendapat perhatian dari orang lain karena ibadah yang dilakukannya, selain menjadi sombong namun juga mampu mengurangi keikhlasannya dalam mejalankan amal ibadahnya.

3.Kedudukan atau pangkat

Misalnya kebangsawanan. Nikmat sebagai seorang bangsawan cukup banyak yang akhirnya menyebabkan takabbur karena menganggap dirinya lebih tinggi derajadnya daripada kelompok atau kasta lain. Memandang rendah oleh orang yang dianggapnya hanyalah rakyat biasa, akhiranya membuat dirinya sombong.

4. Kecantikan dan ketampanan fisik

Fisik yang menawan menjadikan orang merendahkan orang lain yang tidak lebih cantik dan tampan dari dirinya. Bukan malah mensyukuri namun malah menjadi tinggi hati dan sombong karena mampu menjadi pusat perhatian



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Inilah #Kenikmatan #Penyebab #Penyakit #Sombong #Menurut #Imam #Ghazali

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved