Inilah Adab Ziarah Kubur Menurut Imam Al Ghazali – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Inilah Adab Ziarah Kubur Menurut Imam Al Ghazali

Published

on

[ad_1]

loading…

Salah satu cara untuk mengingat kematian adalah dengan berziarah kubur. Banyak sekali manfaat yang dapat dipetik dari amalan ini. Sayangnya, masih banyak kaum muslimin yang salah dalam menyikapi ziarah kubur ini sehingga bukannya manfaat yang mereka raih, akan tetapi ziarah mereka justru mengundang murka Allah ‘Azza wa Jalla. Ini karena adab-adab ziarah kubur yang kurang diperhatikan.

Baca juga: Dahsyatnya Zikir ‘ La Hawla wa Laa Quwwata illa Billah’, Dapat Harta Karun di Surga

Seperti diketahui, menjelang bulan Ramadhan tiba, ada kebiasaan masyarakat kita yang melakukan tradisi ‘nadran’. Tradisi nadran dimaksudkan untuk mengirim doa kepada orang tua atau keluarga yang telah tiada. Dilakukan dengan melakukan ziarah kubur atau istilahnya ‘nyekar’ dalam masyarakat Sunda.

Namun, agar ziarah kubur ini berfaedah maka ada adab-adab yang harus diperhatikan. Menurut Imam Al Ghazali dalam kitabnya ‘Ihya ‘Ulumiddin’, menjelaskan, ziarah kubur bagi kaum muslimin memiliki faedah, salah satunya sebagai pembelajaran bagi masa depan manusia, juga sebagai pengingat bahwa semua manusia akan kembali kepada-Nya.

Baca juga: Kisah Hikmah: Menyembunyikan Kebaikan

Agar faedah ziarah kubur ini didapatkan, maka ada adab yang harus dijalankan dengan benar. Berikut penjelasan Imam al-Ghazali, tentang adab-adab ziarah kubur:

1. Dianjurkan berdiri atau duduk dengan membelakangi kiblat

Hal ini dilakukan supaya antara mayit maupun orang yang berziarah dapat saling berhadapan. Jika jenazah yang dikunjungi menghadap arah kiblat, maka yang berziarah perlu membelakangi kiblat agar dapat berhadap-hadapan. Pendapat ini tentu dapat diterima, karena sangat tidak sopan apabila seorang tamu tidak berkenan menatap wajah tuan rumah.

Baca juga: Meneladani Adab dan Gaya Hidup Rasulullah Soal Makanan

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved