Ini Waktu Terbaik dan Mustajabnya Sholat Dhuha – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Ini Waktu Terbaik dan Mustajabnya Sholat Dhuha

Published

on

[ad_1]

loading…

Saat akan melaksanakan Sholat Sunnah Dhuha, seringkali kita kurang mengetahui waktu yang tepat untuk melaksanakannya. Hal ini terkait, soal waktu mustajab untuk waktu sholat Dhuha terbaik bagi yang mengamalkannya di bumi Nusantara ini.

Baca juga: Faidah Luar Biasa dari Seringnya Mengucap Alhamdulillah

Melihat definisinya , waktu Dhuha adalah waktu pada saat matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta mulai dari terbitnya matahari (sekitar jam tujuh pagi) sampai waktu dzuhur (Sekitar jam 12 siang). Ketika melaksanakan sholat Dhuha, kita dianjurkan mengamalkannya minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Pada shalat Dhuha ini setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam.

Manfaat sholat Dhuha yang dirasakan oleh orang muslim yang mengerjakannya adalah dapat memudahkan rezekinya, dan memudahkan segala urusan. Untuk itu diutamakan membaca surat-surat dalam sholatnya yang bisa mendatangkan rezeki. Surah-surah yang paling baik dibaca ketika sholat duha adalah Surah Ad-Dhuha, Surah Al-Waqi’ah, Surah Asy-Syams, Surah Quraisy, Surah Al-Kafirun atau Surah Al-Ikhlas.

Baca juga: Umur, Anugerah yang Sering Disia-siakan

Waktu Sholat Dhuha Terbaik Menurut Ulama

Dalam Fikih Manhaji Imam Syafi’i disebutkan bahwa waktu terbaik untuk sholat Sunnah Dhuha bahwa untuk melaksanakan ibadah dhuha yang mustajab bisa melihat tanda-tanda alam yaitu pada saat padang pasir sudah terasa panas dan juga anak unta beranjak.

Pada Nuzhatul Muttaqin Karya Syaikh Musthafa Al Bugha dan empat ulama lainnya menjelaskan Bahwa, “Waktu shalat dhuha dimulai sejak matahari beranjak tinggi sampai matahari mendekati posisi tengah. Tapi, Waktu Sholat Dhuha yang paling utama adalah Disaat matahari meninggi dan sudah terasa panas.”

Baca juga: Bernazar Tak Ingin Hamil Lagi, Bagaimana Hukumnya?

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved