Ini Dosa tidak Besar Alias Ecek-ecek Namun Sebabkan Kena Siksa… – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Ini Dosa tidak Besar Alias Ecek-ecek Namun Sebabkan Kena Siksa…

Published

on



loading…

SEBAB-sebab yang membuat penghuni kubur disiksa ada dua: umum dan terperinci. Secara umum, mereka disiksa karena tidak mengenal Allah, menyia-nyiakan perintah-Nya dan berbuat maksiat.

Baca juga: Kuburan Abu Jahal Angker: Begini Jahatnya Musuh Rasulullah SAW Ini Semasa Hidup

Sebab yang terperinci banyak disebut di dalam nas hadis . Berikut adalah penjelasannya:

Salah satunya adalah tidak memakai penutup saat buang air kecil dan namimah. Bukhari dan Muslim meriwayatkan bahwa Ibn Abbas r.a. berkata bahwa Nabi SAW melewati dua kuburan, lalu beliau bersabda, “Sungguh keduanya sedang disiksa, dan mereka tidak disiksa karena dosa besar .”

Kemudian beliau melanjutkan, “Ya, yang satu karena melakukan namimah (mengadu domba), dan yang satunya lagi tidak memakai penutup saat buang air kecil.”

Kemudian beliau SAW mengambil sebuah kayu basah dan membelahnya menjadi dua, lalu menancapkannya pada dua kubur tersebut, dan bersabda, “Semoga siksa keduanya menjadi ringan selama kayu ini tidak kering?”

Hadis diriwayatkan oleh Bukhari—dan hadis ini menurut redaksi versinya dalam bab “Jenazah”, subbab “Azab Kubur karena Menggunjing dan Kencing”. Lihat Fath al Bari, III, h. 242. Juga diriwayatkan oleh Muslim dalam bab “Iman”, subbab “Dalil Kenajisan Kencing”, I, h. 210, hadis no. 292, dan oleh an-Nasa’i, IV, h. 106.

Baca juga: Angkernya Kuburan Abu Jahal: Di Sini Rasulullah SAW Bicara dengan Mayatnya

An-Nasa’i meriwayatkan bahwa Aisyah berkata, “Seorang wanita Yahudi masuk ke kamarku dan berkata, “Sungguh azab kubur (bisa) berasal dari air seni ?

Aku menyahut, “Dusta engkau.”

Ia berkata, ‘Ya, sungguh kami (penganut Yahudi) memotong kulit dan pakaian kami bila terkena air seni.’



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved