Ini Diet Cara Rasulullah yang Wajib Muslimah Tahu – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Ini Diet Cara Rasulullah yang Wajib Muslimah Tahu

Published

on



loading…

Ada banyak cara dan metode diet yang kini tengah tren. Namun tahukah muslimah bahwa Rasulullah pun pernah mengajarkan cara yang benar diet sesuai syariat . Diet cara Rasulullah ini sangat baik diamalkan untuk kesehatan .

Dalam Islam, Rasulullah mengajarkan kepada kita banyak hal dalam berbagai aspek kehidupan . Contohnya saja dalam aspek kesehatan ini, seperti tentang diet yang sehat. Ada banyak hadis yang mengisahkan tentang diet ini.

Baca juga: Amalan Sebelum Tidur yang Pahalanya Dapat Menghapus Dosa

Salah satunya adalah kisah Ali bin Abi Thalib radhiyallahu’anhu yang diet karena sedang dalam masa penyembuhan. Dalam riwayat Sunan Abu Dawud pada kitab Al Tibb (3856) yang menceritakan tentang kisah Ali yang sedang “diet”:

حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ، وَأَبُو عَامِرٍ – وَهَذَا لَفْظُ أَبِي عَامِرٍ – عَنْ فُلَيْحِ بْنِ سُلَيْمَانَ، عَنْ أَيُّوبَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ صَعْصَعَةَ الأَنْصَارِيِّ، عَنْ يَعْقُوبَ بْنِ أَبِي يَعْقُوبَ، عَنْ أُمِّ الْمُنْذِرِ بِنْتِ قَيْسٍ الأَنْصَارِيَّةِ، قَالَتْ دَخَلَ عَلَىَّ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم وَمَعَهُ عَلِيٌّ عَلَيْهِ السَّلاَمُ وَعَلِيٌّ نَاقِهٌ وَلَنَا دَوَالِي مُعَلَّقَةٌ فَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَأْكُلُ مِنْهَا وَقَامَ عَلِيٌّ لِيَأْكُلَ فَطَفِقَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ لِعَلِيٍّ ‏”‏ مَهْ إِنَّكَ نَاقِهٌ ‏”‏ ‏.‏ حَتَّى كَفَّ عَلِيٌّ عَلَيْهِ السَّلاَمُ ‏.‏ قَالَتْ وَصَنَعْتُ شَعِيرًا وَسِلْقًا فَجِئْتُ بِهِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏”‏ يَا عَلِيُّ أَصِبْ مِنْ هَذَا فَهُوَ أَنْفَعُ لَكَ ‏”‏ ‏.‏ قَالَ أَبُو دَاوُدَ قَالَ هَارُونُ الْعَدَوِيَّةِ

‘Rasulullah SAW datang berkunjung padaku (Ummi Mundzir) dengan ditemani oleh Ali. Saat itu Ali sedang dalam masa penyembuhan. Kami memiliki beberapa kurma ranum yang tergantung di dapur. Rasulullah kemudian memakannya bersama Ali. Namun Kemudian Rasulullah berkata kepada Ali: Ali, hentikan memakan itu karena engkau sedang dalam masa penyembuhan. Kemudian aku (Ummi Mundzir) menyiapkan beberapa kudapan gandum dan minuman dari racikan tumbuhan obat. Rasulullah kemudian berkata: Ambil beberapa dari ini, karena itu lebih baik untukmu”.

Baca juga: Jangan Menunda Menikah Agar Rezeki Lancar

Hadis Nabi di atas menulas secara gamblang bahwa Rasulullah juga menyarankan sahabatnya Ali untuk diet karena dirinya sedang dalam masa penyembuhan. Dalam hadis ini kita bisa memetik hikmah pula bahwa Rasulullah sendiri tidak melarang diet. Bahkan Rasulullah sendiri menyarankan untuk melaksanakan diet ketika diet itu baik untuk kita.

Namun ada ketentuan-ketentuan yang harus kita patuhi ketika kita melaksanakan diet. Ketentuan-ketentuan itu haruslah sesuai dengan syariat Islam yakni menjauhi konsumsi makanan yang tidak jelas halal atau haramnya. Atau melakukan diet yang terlalu berlebihan atau malah menganiaya diri sendiri.



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved