Iklim Semakin Ekstrim, Ini 3 Cara Menjaga Kesehatan Dalam Syariat – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Iklim Semakin Ekstrim, Ini 3 Cara Menjaga Kesehatan Dalam Syariat

Published

on

[ad_1]

loading…

Muslimah, dalam keadaan pandemi seperti saat ini dan kondisi iklim yang ekstrim , menjaga kesehatan menjadi keharusan. Tubuh perlu kondisi yang fit dan bugar untuk melaksanakan ibadah dan aktivitas kehidupan lainnya, seperti bekerja, mencari nafkah, membantu orang lain, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Sifat Manusia yang Membuat Harta Menjadi Tercela

Dalam Islam, kesehatan termasuk hal yang penting. Mengapa? Karena sebagai muslim, kita membutuhkan badan yang sehat untuk beribadah kepada Allah. Baik ibadah mahdhah (yang disyariatkan), maupun ghairu mahdhah ( aktivitas sehari-hari yang bernilai ibadah karena terkandung niat baik di dalamnya) tersebut.

Salah satu cara menjaga kesehatan dalam Islam adalah dengan tidak berlebih-lebihan. Allah Ta’ala berfirman,

يٰبَنِىۡۤ اٰدَمَ خُذُوۡا زِيۡنَتَكُمۡ عِنۡدَ كُلِّ مَسۡجِدٍ وَّكُلُوۡا وَاشۡرَبُوۡا وَلَا تُسۡرِفُوۡا‌ ۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الۡمُسۡرِفِيۡنَ

“Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS Al A’raf : 31)

Baca juga: Inilah Keutamaan Puasa dan Cara Mendapatkannya

Kenapa tidak boleh berlebih-lebihan? Ditinjau dari sisi ilmu kesehatan pun, para pakar telah banyak memberi penjelasan. Banyak gangguan kesehatan muncul akibat tindakan berlebihan. Misalnya, makan berlebihan dan sembarangan akan menyebabkan obesitas serta gangguan tekanan darah. Belum lagi munculnya berbagai penyakit baru karena kebiasaan berlebihan ini.

Begitupun ketika berlebihan dalam mengkhawatirkan dunia pun bisa membuat kita mudah stres dan kekebalan tubuh menurun. Akhirnya mengarah pada berbagai gangguan kesehatan.

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved